Kompas.com - 06/06/2021, 06:05 WIB
Ratu Elizabeth II dari Inggris menyampaikan pidato di House of Lords selama Pembukaan Parlemen di Istana Westminster di London, Selasa 11 Mei 2021. AP PHOTO/CHRIS JACKSONRatu Elizabeth II dari Inggris menyampaikan pidato di House of Lords selama Pembukaan Parlemen di Istana Westminster di London, Selasa 11 Mei 2021.

KOMPAS.com - Pangeran Philip meninggal dunia pada April lalu. Sejak saat itu, sang istri, Ratu Elizabeth II, dikabarkan selalu menyibukkan dirinya.

Hal itu diungkapkan oleh putra bungsu Ratu, Pangeran Edward, dalam sebuah wawancara bersama istrinya Sophie atau Countess of Wessex dengan Daily Telegraph.

Ia dan sang istri terus meluangkan waktu untuk berada di sisi Ratu dan memberikan dukungan, terutama di beberapa minggu setelah Duke of Edinburgh meninggal.

"Tugas-tugas yang dijalankan ibu saya bukanlah sesuatu yang bisa ditinggalkan," katanya, seperti dilansir Mirror.

"Itu (pekerjaan Ratu) berjalan tanpa henti. Jadi, ya, dukungan itu penting, bahwa kami terus ada di sana."

Baca juga: Tradisi Ulang Tahun Romantis Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip

Adapun mengutip pemberitaan Kompas.com (11/5/2021), agenda publik besar pertama Ratu sejak kematian Philip adalah Pembukaan Parlemen Inggris pada Selasa (11/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agenda ini adalah penampilan resmi pertamanya di depan umum, dalam perannya sebagai kepala negara.

Ini juga merupakan jadwal pertama Ratu di luar Kastil Windsor sejak kematian suaminya pada 9 April.

Meskipun sebenarnya, sejak masa berkabung kerajaan selama dua minggu berakhir, Ratu sudah melanjutkan tugas resminya. Namun, ia hanya mengambil bagian dalam acara virtual.

"Kami telah bekerja keras untuk melakukan apa yang kami lakukan (mendampingi Ratu), semoga kami melakukannya dengan baik," ucap Edward.

Pada foto Kamis, 16 Juni 2011 ini, Ratu Inggris Elizabeth II bersama Pangeran Philip tiba dengan kereta kuda di arena parade pada pertemuan pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris. AP PHOTO/ALASTAIR GRANT Pada foto Kamis, 16 Juni 2011 ini, Ratu Inggris Elizabeth II bersama Pangeran Philip tiba dengan kereta kuda di arena parade pada pertemuan pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris.
Dalam kesempatan itu, Earl of Wessex juga ditanyakan bagaimana jika gelar Duke of Edinburgh diturunkan kepadanya. Ide itu ternyata datang langsung dari Philip.

Edward mengaku terkejut, namun mengatakan bahwa ide itu adalah sesuatu yang indah meskipun secara teoretis gelar itu seharusnya turun ke kakak laki-lakinya, Pangeran Andrew.

"Kami duduk di sana dan sedikit terkejut. Dia (Philip) datang dan berkata sangat suka jika saya mau memertimbangkannya," kata Edward.

Sayangnya, itu adalah peran yang sangat "pahit", mengingat gelar tersebut hanya bisa diturunkan padanya jika kedua orangtuanya telah meninggal dunia.

Baca juga: Bukan Pangeran Charles, Siapa Anak Kesayangan Ratu Inggris?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X