Kompas.com - 06/06/2021, 15:41 WIB
Ilustrasi secangkir kopi. Kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga. FREEPIKIlustrasi secangkir kopi. Kopi mengandung kafein yang membuat kita terjaga.

KOMPAS.com - Minuman berkafein banyak digemari orang karena selain rasanya yang enak juga memiliki beberapa manfaat.

Mulai dari peningkatan fokus hingga peningkatan suasana hati, semua bisa terjadi berkat kafein.

Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi kafein pun dapat memicu dampak-dampak negatif, seperti merasa sangat cemas maupun stres.

Kafein merupakan stimulan yang sering ditemukan di dalam kopi, teh, soda, cokelat, serta bisa bersembunyi di beberapa obat.

Baca juga: Apakah Matcha Juga Mengandung Kafein?

Kafein juga biasa ditemukan dalam suplemen pengontrol berat badan, dan dalam minuman berenergi yang mengandung kafein dengan jumlah berlebihan.

Menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA), kafein umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, atau di bawah 400 miligram setiap hari untuk orang dewasa yang sehat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mendapatkan dosis harian, orang-orang biasanya minum kopi yang mengandung 80-100 miligram kafein per cangkir.

Sementara itu, ada 40-250 miligram kafein per 8 ons dalam minuman energi.

Seorang profesor di departemen neurologi dan biokimia di Georgetown University Medical Center, James Giordano, PhD mengatakan, minuman energi mengandung kafein dan gula yang tinggi.

Jadi, dia memperingatkan agar tidak mencampurnya dengan stimulan lainnya yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X