Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Umum Saat Membeli Sofa yang Harus Dihindari

Kompas.com - 07/06/2021, 09:59 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Sofa dapat menjadi perabot pelengkap di rumah. Meski begitu, bukan berarti kita bisa memberi sofa asal-asalan dan hanya mempertimbangkan fungsinya saja.

Membeli sofa yang salah bisa berdampak pada tampilan ruangan secara keseluruhan dan lebih jauh, memengaruhi kepuasan pribadi kita dalam membeli perabot.

Melansir the Spruce, berikut lima kesalahan umum saat membeli sofa yang seharusnya dapat dihindari:

1. Ukuran tidak sesuai

Membeli sofa yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil mungkin adalah kesalahan paling umum yang dilakukan ketika kita membeli sofa.

Hal ini terjadi karena sering kali kita tidak mengukur ruangan yang tersedia, sofa yang akan dibeli, atau tidak mengukur dua-duanya.

Jangan pernah langsung memilih sofa terbesar yang ada di toko. Sebab, sofa bakal terkesan lebih kecil ketika dipajang di toko.

Membelinya tanpa melakukan pengukuran dapat membuat kita berakhir membeli sofa yang terlalu besar atau bahkan tidak cukup masuk melalui pintu rumah kita.

Jadi, melewatkan pengukuran bisa membawa banyak masalah.

Selain mengukur ruangan, ukur pula skalanya. Sofa harus memiliki skala yang sama dengan perabot lain di rumah kita atau ruangan tempat menaruh sofa tersebut.

Hal ini dilakukan agar sofa tak tampak terlalu kecil atau terlalu besar ketika diletakkan di ruangan bersama perabot lainnya.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Sofa Kulit agar Tetap Bersih dan Berkilau

2. Beli tanpa dicoba

Penting untuk memastikan sofa tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk ruangan di rumah kita.

Namun selain itu, kita juga perlu memastikan sofa tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk kita.

Jika memiliki tubuh tinggi, pastikan dudukan sofanya cukup dalam untuk duduk. Sementara jika tubuh tak begitu tinggi atau memiliki masalah lutut, carilah dudukan sofa yang dangkal fan memungkinkan kita bangkit dengan mudah.

Jika memungkinkan, jangan membeli sofa tanpa mencobanya terlebih dahulu. Ketika menyukai sebuah sofa di toko, usahakan untuk mencobanya atau bahkan berbaring di atasnya seperti bagaimana kita akan memakainya di rumah.

Jika kita sering tidur di sofa, pastikan memilih ketinggian lengan sofa yang pas. Pastikan pula bantalan dan sandarannya empuk atau kokoh seperti yang kita inginkan.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com