Kompas.com - 07/06/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Ketika memasuki usia 50-an banyak orang baru merasa usianya tidak lagi muda. Berbagai perubahan akan dialami, termasuk penurunan kemampuan fisik.

Itu sebabnya sangat penting untuk memperhatikan pola makan untuk mengimbangi perubahan tersebut.

“Kebutuhan energi kita menurun mulai dari usia paruh baya,” kata Christine Rosenbloom, ahli diet dan gizi terdaftar dan rekan penulis buku Food & Fitness Over 50.

Selain beradaptasi dengan metabolisme tubuh yang berpotensi lebih lambat, kita juga butuh mengkompensasi hal-hal seperti kecenderungan tulang melemah, fungsi usus melambat dan massa otot menurun.

Baca juga: Hobi Makan Tengah Malam Mempercepat Penuaan dan Kerusakan Kulit

Perlu diketahui bahwa massa otot akan terus menurun sekitar satu persen per tahun hingga usia 65 tahun, setelah itu kita bisa mengalami kehilangan yang berlipat ganda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara umum, orang dewasa yang lebih tua perlu memastikan mereka mendapatkan banyak buah dan sayuran, makan daging tanpa lemak, dan menghindari lemak jenuh dan gula," kata Marie Bernard, MD, wakil direktur National Institute on Aging (NIA) dan ahli geriatri senior NIA.

Joseph Gonzales, ahli diet terdaftar di Mayo Clinic mengingatkan bahwa membangun pola makan yang sehat, perlu mengasup beragam jenis makanan yang akan bekerja sama dalam satu kesatuan. 

Nah, berikut ini adalah superfood yang bisa dikonsumsi ketika kita mulai menginjak usia 50-an tahun:

Baca juga: Sejarah Tempe, Superfood dari Indonesia

1. Buah berry

Berry mengandung "nutrisi lengkap" untuk orang yang berusia lebih dari 50 tahun karena buah ini kaya akan serat, vitamin C dan anti-inflamasi, serta antioksidan flavonoid.

Halaman:


Sumber aarp
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X