Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Nutrisi Paling Penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kompas.com - 07/06/2021, 12:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rajin melakukan perawatan kulit dari luar dengan menggunakan skincare saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Imbangi dengan asupan yang sehat.

"Kulit adalah organ terbesar kita dan saya sering menyebutnya 'cermin ajaib' karena memberikan refleksi luar yang sangat baik dari apa yang terjadi di dalam tubuh kita," kata dokter dan pendiri TheSpaDr.com, Trevor Cates, ND.

Dia percaya dalam membangun kulit yang indah haruslah dari dalam ke luar. Karena itu, dia merekomendasikan kita untuk berfokus pada makanan yang kaya nutrisi untuk kulit.

"Beberapa nutrisi tertentu yang kita konsumsi dapat membantu mendukung mikroorganisme di kulit yang hidup untuk membantu melindungi kulit dari jerawat, noda dan penuaan dini," jelasnya.

Baca juga: Ragam Manfaat Omega 3 untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sependapat dengan Cates, ahli nutrisi untuk The Charge Group di Philadelphia, Veronica Campbell, RDN juga menegaskan bahwa nutrisi dalam makanan memainkan peran besar dalam kesehatan kulit dan dapat mengubah struktur, serta kelembapan kulit.

Dia pun menyarankan agar kita dapat mengonsumsi beberapa nutrisi penting guna menjaga kesehatan kulit, seperti yang dilansir dari laman Well and Good berikut ini.

1. Protein

Protein biasanya dianggap sebagai pembangkit tenaga untuk membangun otot, padahal nutrisi ini juga dapat memberikan keajaiban pada kulit. Itu karena kulit sebagian besar terdiri dari protein.

"Nutrisi makro esensial ini sama pentingnya dengan oli di mobil kita," kata Campbell.

Baca juga: Apakah Sunscreen dengan SPF 100 Melindungi Kulit Lebih Baik?

"Jika kita tidak memenuhi kebutuhan protein harian, tubuh kita akan menarik cadangan dan dapat menurunkan kualitas kulit," sambung dia.

Jadi, jika kita kulit tetap bersinar dan sehat, cobalah untuk memasukkan protein dalam setiap makanan.

Terutama, jika kita adalah penikmat makanan nabati atau vegan, gandakan makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang lezat.

Baca juga: 11 Protein Terbaik untuk Perempuan

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan lemak sebagai perawatan kulit klasik yang dapat bekerja untuk menyembuhkan luka dan bekas luka pada kulit.

Nutrisi ini juga baik dalam mencegah tubuh dari kerusakan yang dibuat oleh radikal bebas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com