Kompas.com - 07/06/2021, 14:22 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentunya memiliki gaya pengasuhan yang berbeda dan ada teori tentang bagaimana seseorang mengembangkan gaya pengasuhan mereka, serta apa yang memengaruhinya.

Beberapa percaya bahwa bagaimana seorang ibu dididik dan dibesarkan akan mempengaruhi bagaimana dia membesarkan anak-anaknya. 

Namun, untuk saat ini, belum banyak penelitian yang telah dilakukan untuk melihat bagaimana seorang anak dapat mengubah gaya pengasuhan. Mungkin kita bertanya-tanya apakah ibu mengasuh setiap anak secara berbeda berdasarkan siapa mereka.

Menurut Medical Xpress, sebuah studi yang dilakukan oleh Elizabeth Shewark dari Michigan State University juga menunjukkan bahwa emosi dan perilaku anak dapat memengaruhi cara orangtua mengasuh anak-anak mereka.

Baca juga: Cara Menghadapi Perilaku Nakal Balita, Sabar Saja Tidak Cukup

Elizabeth melihat bagaimana lingkungan dapat memengaruhi gaya pengasuhan, khususnya bagaimana emosi negatif anak memengaruhi gaya pengasuhan.

Dia menyatakan bahwa sebagian besar penelitian berakar pada genetika dan lingkungan yang sama antara anak dan orangtuanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi ini mengamati 561 anak adopsi dan orangtua angkat maupun orangtua kandung mereka. Elizabeth pun mengikuti anak-anak tersebut sejak mereka masih bayi hingga berusia 12 tahun.

Studi ini dinilai menarik karena orangtua angkat sudah jelas tidak memiliki hubungan genetik dengan anak, tetapi mereka berbagi lingkungan yang sama.

Baca juga: Terbukti, Pola Asuh Kasar Perkecil Struktur Otak Anak

Kebalikannya akan berlaku untuk orangtua kandung. Mereka terkait secara genetik, tetapi tidak berbagi lingkungan yang sama dengan anak kandung mereka.

Emosi negatif

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.