Kompas.com - 07/06/2021, 16:17 WIB
Ilustrasi lari jacoblundIlustrasi lari
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita sering mendengar wejangan yang menyebutkan bahwa berolahraga secara rutin dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Lalu, apakah olahraga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol di dalam tubuh kita? Bisa, menurut studi ilmiah dari American Heart Association.

Hasil studi tersebut mencatat, perubahan gaya hidup melalui olahraga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol pada orang-orang yang memiliki risiko penyakit jantung ringan hingga sedang.

Studi ini menawarkan panduan bagi dokter agar memberikan resep kepada pasien penyakit jantung untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik.

Menurut peneliti vaskular dan ketua studi, Bethany Barone Gibbs, panduan ini memang tidak biasa dilakukan oleh para dokter.

Sebab, dokter hanya meresepkan obat kepada pasien, tidak menyarankan pasien untuk mengubah gaya hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami ingin memastikan semua dokter diberdayakan dan menghilangkan rasa takut pasien akan aktivitas fisik, karena pasien tidak harus pergi ke gym atau berlari setiap hari," sebut Gibbs.

"Buat orang yang tidak aktif, berolahraga 30 menit dalam seminggu dapat memberikan manfaat kesehatan," tambah profesor yang bekerja di departemen kesehatan dan pembangunan manusia di University of Pittsburgh itu.

"Kami ingin mengarahkan dokter untuk menyadari aktivitas fisik adalah opsi yang baik, membantu mengobati kolesterol dan tekanan darah tinggi."

Baca juga: Kenali Olahraga yang Aman untuk Menurunkan Tekanan Darah

Sekitar 53 juta (21 persen) orang dewasa di Amerika mengalami peningkatan tekanan darah, menurut pedoman yang dirilis pada 2017.

Halaman:


Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X