Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanda Pekerjaan Telah Menghancurkan Hubungan Percintaan Kita

Kompas.com - 07/06/2021, 16:57 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga keseimbangan dalam kehidupan pribadi dan profesional sangatlah penting guna menghindari masalah di antara keduanya.

Meski demikian, karena dunia berkembang dengan cepat, menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional seseorang pun kini menjadi semakin sulit.

Padatnya jadwal untuk bekerja membuat kita semakin sibuk, dan berimbas pada rusaknya kehidupan pribadi, terutama dalam hubungan percintaan.

Nah, jika kita tidak ingin mengalami situasi itu, ketahui tujuh tanda yang mengindikasikan bahwa pekerjaan kita telah merusak hubungan percintaan, seperti berikut ini.

1. Menghindari kenyataan dan masalah

Setiap pasangan pasti pernah saling mengabaikan jika terjadi suatu masalah di dalam hubungan.

Namun, salah satu tanda yang mengindikasikan bahwa pekerjaan telah mengambil alih kehidupan percintaan kita adalah kita juga cenderung menghindari masalah dengan pasangan dan tidak  berniat untuk mengatasinya.

Ketika hal ini terjadi, jelas kita sedang tidak jujur tentang keadaan hubungan percintaan dan lebih ingin menghindar dari kenyataan.

Baca juga: Menyeimbangkan antara Pekerjaan dan Keluarga di Rumah

2. Menempatkan pekerjaan sebagai prioritas

Apabila kita mendapati diri lebih memilih pekerjaan di waktu luang daripada berkegiatan bersama dengan pasangan, mungkin itu tanda pekerjaan telah menghancurkan hubungan kita.

Hal ini juga terkadang dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada hubungan yang akan memengaruhi pasangan secara negatif.

3. Pasangan sangat menginginkan perubahan

Ketika pasangan memberi kita ultimatum atau secara aktif mengungkapkan kekhawatirannya, itu adalah indikator yang jelas bahwa dia membutuhkan lebih banyak waktu dengan kita.

Dalam kebanyakan kasus, orang tidak akan mengancam untuk mengakhiri suatu hubungan sampai mencapai titik putus asa dan tidak dapat menanganinya lagi.

Baca juga: 6 Tanda Kita Mengalami Stres Pekerjaan

4. Tidak punya bahan pembicaraan selain pekerjaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com