Kompas.com - 07/06/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi alpukat. PIXABAY/JURAJ VARGAIlustrasi alpukat.

KOMPAS.com - Memilih alpukat yang sudah matang dan siap disantap kadang menyulitkan bagi sebagian orang. Untuk mendapatkan tekstur dan citarasa terbaik memang membutuhkan trik yang jitu.

Alpukat adalah buah yang kaya manfaat dan lezat untuk dikonsumsi. Ada banyak cara untuk mengolahnya termasuk dengan dibuat jus, salad atau dijadikan campuran es.

Teksturnya yang legit dan rasa yang gurih adalah salah satu alasan buah ini digemari semua kalangan. Sayangnya, tidak semua orang memahami cara memilih alpukat berkualitas terbaik.

Biasanya, orang menggunakan indikator aroma atau warna untuk mengetahui kematangan buah tertentu. Namun hal ini tidak berlaku bagi alpukat yang nyaris tidak beraroma dan hanya matang setelah beberapa saat dipetik dari pohon.

Baca juga: Memilih dan Mematangkan Alpukat dalam Waktu Singkat

Memencet alpukat sering jadi cara andalan yang sayangnya akan membuat daging buahnya menjadi kehitaman. Hal ini tentu akan mengurangi selera makan karena tampilan yang tidak sedap.

Chef Brooke Williamson, salah satu koki ternama di California, Amerika Serikat membagikan cara tepat untuk memilih alpukat yang sudah matang. Ada enam cara yang bisa kita coba yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Raba dengan lembut

Raba dan tekan perlahan alpukat untuk mengetahui tekstur buah tersebut. Jika terasa lembut dan tegas maka buah tersebut sudah matang.

Baca juga: Resep Puding Alpukat, Dessert Sehat dan Mudah Bikinnya

  • Lihat warnanya

Apabila alpukat tersebut memiliki kulit yang berwarna gelap seakan memar maka mungkin saja ada pembusukan dan perubahan warna di dagingnya.

  • Kenali teksturnya

Cek seluruh permukaan buah untuk mengetahui tekstur yang tidak rata. Kondisi ini adalah pertanda daging yang sudah lembek dan tidak layak dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Simpan Alpukat, Tomat, dan Kentang di dalam Kulkas

  • Tidak harus mulus

Berbeda dari pemahaman umum, alpukat yang matang dan lezat tidak selalu harus berkulit mulus. Sedikit noda atau lecet di kulitnya bukan menjadi masalah dan bisa diabaikan.

  • Periksa batangnya

Batang alpukat adalah salah satu indikator yang amat mudah untuk mengenali kematangan buah ini.

"Batangnya mulai tenggelam ketika alpukat matang, sedangkan yang mentah memiliki batang yang utuh dan hampir menonjol," jelas Williamson.

Baca juga: Agar Buah dan Sayuran Tetap Segar Tanpa Disimpan di Kulkas



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X