Kompas.com - 08/06/2021, 09:00 WIB
Monstera yang ditanam dengan media air. SHUTTERSTOCK/DROPSTOCKMonstera yang ditanam dengan media air.

KOMPAS.com - Monstera memiliki bentuk daun yang unik. Itulah mengapa tanaman ini sempat menjadi primadona beberapa waktu dan banyak diburu.

Jika kita memiliki monstera di rumah dan ingin melakukan propagasi atau menumbuhkannya dengan mudah, monstera adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh di media air.

Adapun propagasi adalah perbanyakan tanaman atau proses menciptakan tanaman baru. Propagasi dengan memanfaatkan bagian dari tanaman induk disebut propagasi aseksual.

Tanaman baru yang dihasilkan secara genetik akan identik dengan induknya. Propagasi aseksual melibatkan bagian vegetatif tanaman, seperti batang, akar, atau daun.

Monstera adalah tanaman tropis asal Amerika Tengah. Mengetahui tempat asalnya membuat kita memahami bahwa tanaman ini bakal tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap.

Tanaman hias dengan bentuk daun unik dan cantik ini dapat ditanam baik di dalam maupun luar ruangan dan perawatannya terbilang rendah.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Media Air

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Balcony Garden Web, untuk menanam monstera di dalam air, kita bisa memotong sulur dari tanaman inti dan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Memotong batang

Monstera yang dibeli dari toko tanaman akan memiliki tanah. Dari situ, kita dapat melihat beberapa batang yang dapat dipropagasi dan ditumbuhkan di dalam air.

Temukan ruas atau cincin kecokelatan yang melingkar pada batang dari daun lama. Ini adalah titik persimpangan di mana daun dan akar baru akan terbentuk. Kemudian, potong bagian tersebut.

Monstera memiliki bentuk daun yang begitu unik.UNSPLASH/HUY PHAN Monstera memiliki bentuk daun yang begitu unik.
2. Meletakkan batang di air

Ambil potongan batang yang memiliki beberapa ruas atau daun, lalu tempatkan ujung batang yang dipotong di dalam air dengan suhu ruangan dan tidak mengandung klorin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X