Kompas.com - 08/06/2021, 10:28 WIB
Ilustrasi minum kopi, manfaat minum kopi, kafein, konsumsi kopi. PEXELS/BURSTIlustrasi minum kopi, manfaat minum kopi, kafein, konsumsi kopi.

KOMPAS.com - Minuman mengandung kafein, terutama teh dan kopi, sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, tak sedikit yang mengandalkan minuman ini untuk memberikan energi lebih dan membantu fokus.

Persoalannya, kafein bukanlah zat yang tanpa efek samping. Jika dikonsumsi setiap hari, lama-kelamaan kita akan meningkatkan dosisnya untuk mendapat efek yang diharapkan. Tak heran jika akhirnya kita jadi ketergantungan.

Food and Drug Administration AS merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari, yang setara dengan empat atau lima cangkir kopi.

Tetapi, American Medical Association Council on Scientific Affairs menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 250 miligram atau sekitar tiga cangkir kopi per hari.

Baca juga: Masalah yang Timbul Karena Minum Kopi dan Cara Mengatasinya

"Jika kita minum secangkir kopi setiap pagi, itu bukan masalah besar. Tetapi akan menjadi masalah besar jika kita meminumnya setiap hari sepanjang hari," kata seorang ahli diet, Beth Czerwony, MS, RD, CSOWM, LD.

Sementara itu, ibu hamil juga harus lebih berhati-hati dengan kafein.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

The American Pregnancy Organization merekomendasikan supaya ibu hamil membatasi asupan kafein hingga 200 miligram sehari, termasuk makanan yang mengandung kafein seperti cokelat atau matcha.

Baca juga: Teh Mengandung Kafein, Amankah Anak-anak Meminumnya?

Efek terlalu banyak kafein

Meskipun kafein umumnya dianggap aman, mengonsumsi 300 miligram per hari dapat meningkatkan risiko efek samping yang negatif, termasuk mual, kecemasan, sulit tidur, dan kelelahan.

Semakin banyak kafein yang kita konsumsi, maka semakin besar pula kemungkinan kita mengalami masalah neurologis, jantung dan bahkan kematian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.