Kompas.com - 08/06/2021, 11:19 WIB
Jersey tim nasional pria Ukraina untuk Euro 2020. Twitter @USEmbassyKyivJersey tim nasional pria Ukraina untuk Euro 2020.

KOMPAS.com - Tim nasional pria Ukraina baru saja merilis jersey untuk Euro 2020.

Jersey itu akan digunakan pada pertandingan pembukaan grup C melawan Belanda pada 13 Juni.

Namun, jersey ini rupanya memicu kemarahan Rusia. Apa penyebabnya?

Melansir CNN, Ukraina menyertakan peta dalam desain jersey tersebut yang mencakup Crimea, wilayah yang sudah dianeksasi oleh Rusia pada 2014. Itulah yang membuat Rusia kesal.

Presiden asosiasi sepak bola Ukraina, Andrii Pavelko merilis gambar jersey tersebut melalui laman Facebook pada Minggu (6/6/2021).

"Ini adalah garis besar paling berharga dari negara kita bagi kita semua," tulisnya.

"Tanah air tunggal dan tak terpisahkan dengan Crimea, Donetsk, Luhandk, Kiev, Dnipro tempat saya berasal, Lviv, Odessa, serta semua kota dan desa, di mana melodi utama dari masa kanak-kanak adalah lagu kebangsaan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pavelko meyakini, siluet Ukraina akan memberikan kekuatan pada para pemain karena mereka akan berjuang untuk seluruh masyarakat Ukraina. Semua masyarakat menurutnya juga akan mendukung pemain timnas di semua pertandingan.

Selain menyertakan peta, jersey Ukraina tersebut juga menyertakan tulisan "Glory to Ukraine (kejayaan untuk Ukraina)" di bagian belakang kerah dan "Glory to the Heroes (kejayaan untuk para pahlawan)" di kerah bagian dalam.

Baca juga: Sertakan Peta Krimea pada Seragam Euro 2020, Ukraina Dibela Sekutu Barat

Glory to the Heroes yang tercetak di bagian dalam kerah jersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020.ANDRII PAVELKO VIA CNN Glory to the Heroes yang tercetak di bagian dalam kerah jersey tim nasional pria Ukraina untuk EURO 2020.
Adapun ketegangan antara kedua negara berkobar pada April lalu. Seperti dipaparkan Kompas.com (22/4/2021), dalam beberapa pekan militer Ukraina bentrok dengan separatis yang didukung Moskwa di Donbass.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X