Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tas, Fjällräven Menggugah Kesadaran Soal Sampah Plastik di Laut

Kompas.com - 08/06/2021, 11:54 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Hari Laut Sedunia (World Oceans Day) setiap 8 Juni kerap dijadikan sebagai momen untuk refleksi sekaligus pengingat hubungan manusia dengan laut sebagai sumber hidup dan kehidupan.

Bagi brand-brand yang produknya berhubungan dengan lingkungan, World Ocean Day juga diperingati lewat produk bertema laut, seperti yang dilakukan brand asal Swedia, Fjällräven.

Tahun 2021 ini, Fjällräven meluncurkan Kånken Art yang mengangkat tema sampah plastik laut untuk ikut menyuarakan pentingnya kesadaran menjaga laut dari sampah plastik.

Seperti diketahui, masalah sampah plastik yang masuk ke laut sudah menjadi problem dunia, sehingga Fjällräven mendonasikan setiap 1% pembelian produk Kånken Art melalui organisasi lingkungan.

Kånken Art Edisi 2021 hadir atas kolaborasi dengan animator dan ilustrator asal Swedia, Linn Fritz, yang memiliki kepedulian untuk meningkatkan kesadaran mengenai masalah sampah laut dan kebersihan lautan.

Terinspirasi permukaan laut yang bersih dan laut dalam yang jernih, Linn Fritz menuangkan karyanya dalam balutan warna Ocean Surface dan Ocean Deep. Komposisi dalam Kånken Art 2021 terbuat dari bahan G-1000 HeavyDuty Eco, poliester daur ulang, dan kapas organic yang ramah lingkungan.

"Kami sama-sama memiliki visi yang kuat, bahwa masa depan kita dan masa depan alam saling terikat. Oleh karena itu, kita perlu menjaganya bersama. Kita perlu mensyukuri apa yang kita miliki sebelum terlambat,” ujar Linn Fritz.

“Proyek Kånken Art 2021 tentu menantang karena untuk pertama kalinya saya membuat ilustrasi yang dicetak pada sebuah produk. Dan rasanya lebih istimewa lagi mengetahui bahwa Kånken akan bekerja sama dengan organisasi lingkungan guna meningkatkan kesadaran terhadap sampah plastik di laut,” tambah Linn Fritz.

Kånken Art 2021 muncul atas inisiatif Arctic Fox Initiative. Pada tahun 2021 Arctic Fox Initiative bekerja dengan organisasi yang mendukung pengurangan sampah plastik dan membersihkan alam dari sampah-sampah yang berserakan di luar sana. Dua organisasi itu adalah Leave No Trace dan 2 Minute Foundation.

The Leave No Trace Center adalah organisasi non-profit dari Amerika yang berdedikasi dalam melindungi alam bebas dengan mengedukasi orang untuk menikmati alam secara bertanggung jawab.

The Leave No Trace Center menyediakan ruang penelitian, pendidikan, dan inisiatif mutakhir untuk mendorong banyak orang agar bertingkah laku lebih menghargai alam dengan tidak meninggalkan sampah.

Dana Watts, Executive Director Leave No Trace Center mengatakan, “Plastik ada dimana-mana. Padahal tidak seharusnya plastik berserakan dimana-mana. Hal itu tergantung kita dalam membuat keputusan untuk mengurangi plastik sekali pakai dalam kehidupan kita sehari-hari."

Produk Kånken Art 2021 hadir dalam dua varian warna, Ocean Deep dan Ocean Surface selaras dengan tema Hari Laut Sedunia (World Oceans Day).

Produk Kånken Art 2021 juga hadir dalam empat varian bentuk: Kånken Art, Kånken Art Mini, Kånken Art Laptop 15", dan Kånken Art Sling Bag. Produk Kånken Art 2021 kolaborasi Fjällräven dan Linn Fritz ini bisa dijumpai secara online di Tokopedia mulai 8 Juni 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com