Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Negara Lain, Jersey Timnas Makedonia Utara Diprotes Pendukung

Kompas.com - 09/06/2021, 06:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Euro 2020 akan segera digelar dalam hitungan hari. Beberapa tim juga sudah menyiapkan jersey alias seragamnya masing-masing.

Namun, jersey Makedonia Utara malah mendapatkan respons negatif.

Jersey kandang yang dibuat oleh label Jerman, Jako, itu memicu protes dari para pendukung karena menggunakan warna burgundy yang dianggap bakal mirip dengan jersey tim nasional Portugal. Padahal, warna bendera negara mereka adalah merah dan kuning.

Respons dari Federasi Sepak Bola Makedonia (FFM) terbilang cepat. Sehari setelahnya, mereka merilis permohonan maaf dan sudah mengajukan permintaan kepada UEFA agar para pemain timnas Makedonia Utara memakai jersey lama untuk bertanding di Euro 2020.

"Saya menyampaikan penyesalan yang tulus atas reaksi negatif yang ditimbulkan oleh warna jersey baru."

"Kami menyadari bahwa jersey tim nasional adalah kehormatan dan ambisi bagi setiap pemain sepak bola sejak usia dini," ungkap presiden FFM, Muamed Sejdini, seperti dilansir Sport Bible.

Baca juga: Jersey Timnas Ukraina untuk Euro 2020 Bikin Rusia Kesal, Ada Apa?

Foto resmi memperlihatkan Presiden Makedonia Stevo Pendarovski menunjukkan desain jersey tim nasional pria Makedonia Utara untuk Euro 2020 kepada Paus Fransiskus. Namun, jersey tersebut kemudian diprotes oleh para pendukung.TWITTER @MacedonianFooty Foto resmi memperlihatkan Presiden Makedonia Stevo Pendarovski menunjukkan desain jersey tim nasional pria Makedonia Utara untuk Euro 2020 kepada Paus Fransiskus. Namun, jersey tersebut kemudian diprotes oleh para pendukung.

Ia menambahkan, jersey baru timnas dipersiapkan dengan penuh suka cita atas permintaan para pemain. Sayangnya, kata dia, hal teknis membuat warna jersey tidak sesuai dengan persyaratan FFM.

FFM pun menegaskan akan bertanggung jawab atas hal tersebut.

"Sebagai presiden federasi, saya bertanggung jawab atas konsekuensi yang mungkin terjadi dan mengumumkan bahwa di turnamen ini kami akan berlaga menggunakan kaos timnas saat ini," ujarnya.

Adapun Makedonia Utara yang berada di grup C akan memulai kampanye Euro 2020 melawan Austria pada 13 Juni mendatang.

Menurut DW, manager seragam mereka, Viktor Veleveski, ia akan mempersiapkan 250 kaus untuk timnas Makedonia Utara, termasuk jika mereka dapat lolos hingga ke babak final.

Baca juga: Euro 2020, Timnas Italia Punya Seragam Modis Buatan Armani

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com