Kompas.com - 09/06/2021, 07:25 WIB
Ilustrasi penggunaan gel lidah buaya untuk wajah. SHUTTERSTOCK/ETONASTENKIlustrasi penggunaan gel lidah buaya untuk wajah.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita tentu tidak asing lagi dengan produk perawatan maupun kecantikan yang mengandung aloe vera atau lidah buaya. Sebagian besar brand kecantikan lokal mengeluarkan produk aloe vera.

Kita pun juga tahu bahwa lidah buaya sangat bagus untuk menenangkan dan melembapkan kulit. Namun, perlu diketahui bahwa komponen yang terkandung dalam lidah buaya juga baik untuk perawatan rambut kita.

Lidah buaya dapat mengurangi ketombe

Ketombe sering dikaitkan dengan dermatitis seboroik, suatu kondisi umum yang menyebabkan kulit gatal dan mengelupas.

Dermatitis seboroik terjadi ketika penghalang alami kulit kita, yang memerangkap kelembapan, rusak.

Lidah buaya dapat membantu melawan dermatitis seboroik dengan memulihkan penghalang ini. Ini membuat kulit tetap lembap dan membantu mencegah kekeringan dan pengelupasan yang menyertainya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah studi sederhana tahun 2016 menemukan bahwa orang yang menggunakan produk lidah buaya pada satu tangan, dua kali sehari, selama tiga minggu memiliki tingkat hidrasi kulit yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan yang tidak diobati dengan lidah buaya.

Baca juga: 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Tak Cuma Menyuburkan

Lidah buaya dapat membantu mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut

Namun, Nava Greenfield, MD, dokter kulit bersertifikat dan instruktur klinis di Mount Sinai mengungkapkan bahwa tidak ada penelitian yang menunjukkan bagaimana lidah buaya dapat berdampak pada pertumbuhan atau kerontokan rambut.

Meski begitu, lidah buaya mengandung sejumlah vitamin yang dapat mencegah penipisan rambut, termasuk:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X