Kompas.com - 09/06/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi anak tantrum. SHUTTERSTOCK/DOUBLE_HIlustrasi anak tantrum.

KOMPAS.com - Kemampuan untuk bereaksi secara emosional sudah ada sejak bayi baru lahir. Beberapa emosi yang diekspresikan oleh bayi baru lahir seperti menangis, tersenyum, dan frustasi.

Bahkan, dokter spesialis kedokteran jiwa konsultan psikiatri anak dan remaja, dr Anggia Hapsari, SpKJ (K) mengungkapkan, sejumlah peneliti meyakini beberapa minggu setelah lahir, bayi sebetulnya dapat memperlihatkan bermacam-macam ekspresi dari semua emosi dasar.

"Termasuk kebahagiaan, perhatian, keheranan, ketakutan, kemarahan, kesedihan, dan kebosanan sesuai dengan situasinya," kata Anggia melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, belum lama ini.

Penting bagi anak untuk mampu mengungkapkan emosinya.

Sayangnya, anak-anak pada umumnya belum memiliki kosakata yang cukup untuk mengungkapkan semua perasaan mereka. Hal ini membuat anak kerap mengomunikasikan perasaan mereka dengan cara-cara lain.

Terkadang, beberapa anak mengekspresikan perasaannya melalui perilaku yang tidak tepat dan menimbulkan masalah.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orangtua juga perlu memahami bahwa cara anak mengungkapkan emosi juga berbeda-beda sesuai tahapan usianya. Berikut penjelasannya:

  • Usia bayi

Seperti yang telah dijelaskan, bayi baru lahir pada umumnya sudah memiliki kemampuan untuk mengungkapkan emosinya, seperti melalui tangisan dan senyum.

Beberapa minggu setelah lahir, bayi mulai mengembangkan kemampuannya dalam mengungkapkan emosi. Ia mulai bisa memperlihatkan beberapa emosi dasar, seperti bahagia, heran, takut, marah, sedih, dan bosan.

Menurut Anggia, pada semua usia, kuatnya emosi positif adalah dasar untuk penyesuaian yang baik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X