Kompas.com - 09/06/2021, 15:23 WIB
Ilustrasi menghilangkan mata nanas. SHUTTERSTOCK/LOVELYPEACEIlustrasi menghilangkan mata nanas.

KOMPAS.com - Buah nanas merupakan buah yang sering dijadikan rujak atau salad karena kandungan airnya tinggi. Buah nanas yang sudah matang memiliki rasa yang manis sedikit asam, segar.

Karena rasa manisnya itu nanas sering dianggap sebagai buah berkalori tinggi. Faktanya, nanas berukuran sedang hanya mengandung 74 kalori yang mayoritas berasal dari karbohidrat.

Jika dibandingkan dengan ukuran porsi buah lain yang serupa, kalori dalam nanas berada termasuk sedang.

Sebagai perbandingan, semangka dan stroberi masing-masing mengandung 46 dan 49 kalori, sedangkan secangkir irisan mangga mengandung 99 kalori. Buah pisang memiliki 134 kalori per cangkir.

Baca juga: 5 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Imun

Tetapi penting untuk diingat bahwa kalori bukan satu-satunya ukuran yang harus kita perhatikan saat menentukan nilai gizi suatu makanan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Meskipun perbandingan memberikan beberapa wawasan tentang kalori, penting untuk mempertimbangkan nilai gizi dan ukuran porsi setiap buah,” kata Kelsey Pezzuti, MS, RD, ahli diet terdaftar di Amerika Serikat.

Nanas kaya akan sejumlah vitamin dan mineral, serta rendah lemak dan sodium. Bahkan, kebutuhan harian kita akan vitamin C sudah bisa terpenuhi dengan mengasup sekitar satu mangkuk kecil nanas.

 

Baca juga: Makan Nanas Bikin Mulut Lecet, Apa yang Harus Dilakukan?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X