Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Jumlah Kalori BTS Meal dari McDonalds, Sehat atau Tidak?

Kompas.com - 10/06/2021, 07:17 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paket BTS Meal, produk kolaborasi boyband Korea Selatan, BTS dan waralaba makanan siap saji McDonalds, diserbu pembeli saat pertama kali dirilis di Indonesia.

Paket makanan ini terdiri dari sembilan potong nugget ayam, kentang goreng dan minuman bersoda. Diberikan dua jenis saus yang berbeda untuk setiap pembelian yakni sweet chilli dan cajun sauce.

Jenis makanan ini disebut sebagai menu favorit Suga dkk saat bepergian ke luar negeri. Dihadirkan dengan kemasan khusus yang menjadi collectible item bagi para ARMY, tak heran makanan ini begitu diburu.

Namun, bagaimana dengan kandungan gizinya? Apakah makanan ini sehat dan tidak mengganggu diet yang sedang dijalani para penggemar Bangtan Boys?

Ahli nutrisi dari Universitas Indonesia, Seala Septiani, mengatakan belum benar-benar menghitung jumlah kalori untuk tiap paket BTS Meal. Karenanya, ia tak bisa menyebutkan secara pasti jumlah kalori untuk setiap paket.

"Untuk kalori satu paket BTS Meal yang versi Indonesia belum bener-bener aku hitung ya tapi berdasarkan web McD ya kira-kira 1000 sampai 1.300 kalori itu," jelasnya kepada Kompas.com pada Rabu (09/06/2021).

Memang ada perbedaan dalam paket McD yang tersedia di Indonesia dan di beberapa negara lain. Untuk penjualan di Kanada misalnya, paket fenomenal ini memiliki sepuluh potong nugget ayam.

Dikutip dari laman resminya, menu makanan ini memiliki kandungan 1.130 kalori. Sedangkan untuk paket non tematik hanya terdiri dari enam potong nugget yang berkisar 250 kalori.

Seala menerangkan, kebutuhan kalori untuk orang dewasa berkisar 2.000 kalori per hari. Karena itu, mengkonsumsi satu paket BTS Meal sudah mampu memenuhi kebutuhan kalori selama setengah hari.

Artinya, jatah konsumsi kalori yang tersisa hanya setengahnya untuk menu makanan lain hari itu.

Dari segi kesehatan, ia menilai tak bisa mengukurnya begitu saja karena ada banyak faktor yang berpengaruh. Misalnya saja menu makanan yang dikonsumsi di hari yang sama, aktivitas yang dijalani, dan kecukupan buah serta sayuran.

"Seminggu ini seberapa banyak konsumsi makanan minuman manis-manis. Apa tiap hari nge-coke?Tiap hari nge-junk food? Lihatnya secara overall aja," ujarnya seperti dikutip dari Instastory akun pribadinya.

Sebagai alternatif, ia menyarankan sejumlah cara agar kita bisa menikmati menu spesial ini dan tetap menjaga kesehatan. Pertama, dianjurkan untuk membeli paket BTS Meal dengan berjalan kaki atau bersepeda, bukan dengan drive thru atau order secara daring.

"Biar berasa pengorbanannya mendapatkan menu limited edition gitu kan," ujarnya berseloroh.

Cara kedua menikmati menu BTS Meal agar lebih sehat yaitu dengan menyantapnya bersama orang terdekat termasuk sahabat, saudara atau pasangan.

Sedangkan opsi terakhir ialah makan bergizi seimbang dan tidak berlebihan dalam sehari. Caranya dengan cukup variasi, cukup hidrasi alias kebutuhan air putih, cukup buah dan sayurnya, serta cukup gerak.

Tips makan sehat dari Seala ini sebenarnya adalah perpaduan cara untuk memastikan tubuh tetap sehat. Caranya dengan menyeimbangkan asupan kalori dengan aktivitas serta asupan pangan berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

 Bagaimana menurutmu?

Baca juga: Mengintip Isi Paket BTS Meal di McDonalds

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com