Kompas.com - 11/06/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi makanan sehat Bojan656Ilustrasi makanan sehat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Zinc merupakan mineral yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, penyembuhan luka, pembentukan bekuan darah, dan fungsi tiroid.

Menurut National Institutes of Health (NIH), mengonsumsi cukup zinc secara teratur merupakan hal yang penting karena tubuh tidak menyimpannya secara ekstra.

Seseorang yang menderita gastrointestinal, vegetarian, dan orang yang cukup tua adalah orang paling berisiko kekurangan zinc. 

Nah, berikut ini adalah petunjuk bahwa tubuh kita mungkin saja tidak mendapatkan cukup zinc:

1. Pertumbuhan tertunda atau terhambat

Menurut Boyan Hadjiev, MD, ahli alergi yang berbasis di New York, beberapa tanda kekurangan zinc adalah tidak terpenuhinya standar pertumbuhan tertentu dan disfungsi dalam sistem kekebalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hadjiev mengatakan riset ini dilakukan dengan meneliti atlet remaja, terutama pesenam, untuk memahami masalah kekurangan zinc.

Dr. Hadjiev mengatakan, kombinasi dari hilangnya keringat dengan penurunan asupan makanan tertentu adalah sesuatu yang harus diwaspadai di antara para atlet, karena  dapat berkontribusi pada defisiensi zinc.

Kita bisa mengonsumsi makanan tinggi zinc seperti makanan laut (tiram, lobster, dan kepiting), daging sapi, ayam, babi; kacang-kacangan (kacang mete dan almond), buncis dan kacang merah. 

2. Cepat marah 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.