Kompas.com - 12/06/2021, 10:15 WIB
Koleksi Barbie Loves the Ocean yang terbuat dari plastik daur ulang. InsiderKoleksi Barbie Loves the Ocean yang terbuat dari plastik daur ulang.

KOMPAS.com - Mattel, perusahaan mainan yang terkenal karena boneka Barbie, tak mau kalah dalam upaya kepedulian pada lingkungan. Caranya dengan merilis koleksi perdana yang terbuat dari plastik daur ulang. 

Rilisan yang diberi tajuk "Barbie Loves the Ocean" ini terbuat dari 90 persen plastik hasil olahan sampah yang ditemukan di lautan.  Boneka tersebut didandani dengan outfit ala pantai yang dilengkapi tiga set aksesoris bertema senada.

Produk tersebut dijual dengan kisaran harga 10 sampai 20 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp140.000 sampai Rp283.000 di situs resminya.

Baca juga: Lihat, Gaya Cantik Chrissy Teigen seperti Boneka Barbie

Limbah yang dipakai dalam proses produksi diambil dari wilayah berjarak 50 kilometer dari saluran air di daerah yang tidak memiliki sistem pengumpulan sampah formal.

Lisa McKnight, Wakil Presiden Senior dan Kepala Global Barbie & Boneka di Mattel mengatakan inovasi ini dimunculkan sebagai langkah untuk konsep berkelanjutan yang menjadi masa depan perusahaannya.

"Barbie Loves the Ocean adalah contoh utama dari inovasi berkelanjutan yang akan kami buat sebagai bagian dari menciptakan lingkungan masa depan di mana anak-anak dapat berkembang," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: H&M Ubah Sampah Plastik di Indonesia Jadi Pakaian Anak

Selain merilis produk baru, Mattel juga melengkapinya dengan video pendidikan di kanal Youtube yang bertema serupa.

Konten berjudul Barbie Shares How We Can All Protect the Planet itu membagikan pelajaran soal merawat Planet Bumi yang mudah diaplikasikan anak-anak.

Dalam jangka panjang, Mattel akan berupaya untuk menggunakan 100 persen plastik daur ulang, dapat didaur ulang atau berbasis bio. Bukan dalam dalam produknya namun kemasannya yang ditargetkan bisa diterapkan pada 2030 mendatang.

Sebelumnya, Mattel telah membuktikan komitmennya untuk bergabung dalam gerakan sustainability dengan program Mattel Playback.

Konsep ini memungkinkan konsumen untuk mengirim Barbie dan mainan lama mereka untuk didaur ulang menjadi produk baru.

Baca juga: Sepatu Berkelanjutan Adidas UltraBoost 21 dari Plastik Daur Ulang, Mau?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X