Kompas.com - 14/06/2021, 08:56 WIB
Ilustrasi sakit punggung dan pinggang grinvaldsIlustrasi sakit punggung dan pinggang

KOMPAS.com - Banyak orang yang menganggap sakit punggung adalah hal biasa dan mudah untuk diobati. Namun, ada juga orang yang harus menderita karena gangguan nyeri ini tak kunjung teratasi.

Selain karena kurang berolahraga atau bergerak, sakit punggung juga dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor dari gaya hidup yang tidak sehat lainnya. Mengetahui penyebabnya dapat membantu mencari cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mau tahu apa saja? Simak tujuh penyebab sakit punggung yang jarang diketahui, seperti yang dilansir dari laman The Healthy berikut ini.

Baca juga: 8 Penyebab Sakit Punggung Setelah Makan yang Baik Diwaspadai

1. Stres

Ahli terapi chiropractic yang berbasis di New York City, Todd Sinett mengatakan bahwa stres kemungkinan besar dapat menjadi penyebab nyeri punggung.

"Tekanan mental memanifestasikan dirinya secara fisiologis. Jadi, jika kita merasa stres untuk waktu yang lama itu menyebabkan ketegangan otot yang menimbulkan sakit punggung," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Area umum untuk nyeri punggung yang dipicu stres termasuk daerah leher dan bahu serta punggung bagian bawah.

Untuk meredakannya, cobalah teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, berjalan kaki secara rutin, atau yoga.

Baca juga: Tips Redakan Kaku pada Leher dan Pundak dengan Gerakan Yoga

2. Mengonsumsi makanan tidak sehat

Sebuah studi tahun 2014 di Asian Spine Journal menemukan bahwa sekitar 31 persen wanita dan 25 persen pria yang menderita sakit punggung juga memiliki keluhan gastrointestinal seperti sakit perut atau intoleransi makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X