Kompas.com - 14/06/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Walau sama-sama membersihkan tubuh, tetapi mandi dengan shower atau sambil beredan di bathtub punya manfaat berbeda.

Mandi di bathtub merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh yang sedang lelah kembali rileks, sedangkan membasuh tubuh dengan air yang mengalir dari shower dapat menghemat waktu dan juga menyegarkan. 

Niket Sonpal, MD, ahli penyakit dalam yang berbasis di New York mengatakan mandi dengan bathub atau pun shower ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

"Mandi dengan shower biasanya lebih baik untuk membersihkan tubuh kita dan menyingkirkan bakteri dan kotoran. Lalu, mandi dengan bathub juga sangat bagus untuk merangsang sistem saraf, eksfoliasi kulit, dan melemaskan otot,” katanya.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kulit dan Rambut

Dijelaskan oleh Philip Tierno, PhD, seorang ahli mikrobiologi dalam hal kebersihan, mandi dengan shower maupun bathub kurang lebih sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manfaat mandi dengan bathtub

Salah satu manfaat mandi dengan bathub adalah memungkinkan kita untuk menambahkan bahan-bahan lainnya yang bermanfaat ke dalam air untuk kita mandi.

“Misalnya, kita dapat menambahkan garam Epsom untuk meredakan rasa sakit dan nyeri, atau madu untuk mengurangi kemerahan atau iritasi akibat eksim, kulit terbakar, atau kulit yang teriritasi,” kata Sonpal.

Sering mandi di bathub juga dapat mengurangi stres dan kelelahan.

Baca juga: Tips Kurangi Plastik Mulai dari Kamar Mandi

Sebuah studi cross-sectional kecil tahun 2018 yang dilakukan pada 38 orang yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine membandingkan mandi dengan bathub vs mandi dengan shower.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mandi berendam di air hangat setiap hari memiliki lebih sedikit kelelahan, stres, dan depresi daripada mereka yang mandi dengan shower.

Mandi dengan bathub dapat meningkatkan aliran darah dan mendorong metabolisme untuk memproses limbah, membantu mengatur suhu inti tubuh, dan mengeksfoliasi sel kulit mati.

Tierno merekomendasikan kita untuk membilas tubuh setelah berendam untuk membersihkan losion atau sabun yang mungkin masih menempel.

Baca juga: Amankah Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X