Kompas.com - 15/06/2021, 12:57 WIB
Ilustrasi bersantai di rumah. PEXELS/ARTEM PODREZIlustrasi bersantai di rumah.

KOMPAS.com - Karena banyak beraktivitas di rumah, frekuensi rebahan jadi meningkat. Namun, banyak yang malah merasakan tubuhnya pegal dan kaku meski tidak melakukan apa-apa sepanjang hari.

Bermalas-malasan di kasur dengan ditemani smartphone dan camilan sembari menyimak serial favorit rasanya sudah jadi kegiatan kesukaan banyak anak muda. Rebahan, demikian istilahnya, bahkan sudah dikategorikan menjadi hobi pengisi waktu.

Sayangnya, aktivitas berdiam diri ini seringkali malah membuat badan terasa kaku. Bukannya menjadi lebih fresh, kita harus berkutat dengan tubuh yang terasa sakit setelah bermalas-malasan seharian.

Dokter umum, dr. Edo Adimasta menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat badan terasa pegal karena terlalu banyak rebahan.

Baca juga: Untuk Kaum Rebahan, Berikut 8 Tanda Kamu Tak Cukup Banyak Bergerak

 

"Pertama karena ada otot yang tertimpa sehingga peredarah darah kurang lancar," jelasnya pada virtual media briefing Combiphar Health Desk pada Selasa (15/06/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika rebahan, kita berdiam pada satu posisi yang sama dalam waktu lama sehingga memberikan tekanan pada titik tertentu pada tubuh. Otot di bagian tubuh itu terbebani dan menghalangi peredaran darah.

Efeknya, tambah Edo, tubuh merasakan nyeri ringan atau pegal-pegal setelah beberapa waktu.

Penyebab kedua adalah kerja otot yang tidak ideal karena posisi tubuh yang kurang baik. Medical Expert Combiphar ini menambahkan, otot di tubuh selalu hadir sepasang dan bekerja dengan saling merespon.

Baca juga: Jangan Mager, Yuk Lakukan Peregangan Sambil Nonton Film

Sayangnya, tubuh tidak bisa bekerja optimal dan saling menopang ketika kita terlalu banyak rebahan.

Asep Azis, SST. Ft, Sports & Physical Physiotherapis menambahkan rasa pegal yang dirasakan saat terlalu sering rebahan ada kaitannya dengan daya tahan otot.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X