Kompas.com - 16/06/2021, 07:09 WIB
Terlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala. PEXELS/BURSTTerlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala.

KOMPAS.com - Minum kopi memang bisa membantu kita lebih fokus dan merasa segar untuk menjalani aktivitas. Namun, terlalu banyak kafein juga tidak baik.

National Institute of Mental Health bahkan menyarankan orang-orang yang memiliki kecemasan untuk menghindari kopi.

Alasannya, terlalu banyak minum kopi dapat memperburuk efek kecemasan.

Tak hanya itu, melansir Kompas.com (12/5/2021), beberapa gejala ringan yang mungkin muncul akibat terlalu banyak minum kopi di antaranya berkeringat, mual, muntah, diare, dan cemas.

Kita juga mungkin mengalami sakit kepala, insomnia, jantung berdebar, mudah marah, buang air kecil terlalu banyak, atau otot tremor. Gejala ini biasanya bagi orang yang sudah terbiasa meminum banyak kopi.

Lalu, bagaimana mengetahui kita sudah terlalu banyak minum kopi?

Melansir the Healthy, berikut tanda terlalu banyak minum kopi yang perlu kita perhatikan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Sakit perut

Kembung atau begah juga bisa menjadi tanda terlalu banyak konsumsi garam.SHUTTERSTOCK/THUNDERSTOCK Kembung atau begah juga bisa menjadi tanda terlalu banyak konsumsi garam.
Gejala sakit perut mungkin kerap kita hubungkan dengan kondisi seperti keracunan makanan atau kram menstruasi. Faktanya, terlaku banyak minum kopi juga bisa memunculkan gejala ini.

Pada tahun 2017, para ilmuwan Eropa menemukan bahwa senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel perut.

Jika menduga kopi adalah penyebab sakit perut yang kita alami, minum obat yang dijual bebas dapat membantu menetralkan asam di perut untuk jangka pendek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X