Kompas.com - 16/06/2021, 08:43 WIB
Ilustrasi makan makanan tinggi gula. FREEPIK/WAYHOMESTUDIOIlustrasi makan makanan tinggi gula.

KOMPAS.com - Gula dapat menjadi sumber energi penting bagi tubuh. Namun, tidak semua gula sama.

Fruktosa yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dan laktosa dalam makanan kaya susu adalah gula alami yang sebetulnya tak perlu kita khawatirkan. Sebab, sumber-sumber tersebut juga mengandung sejumlah nutrisi, seperti serat dan kalsium.

Namun, gula tambahan yang sering kita temukan di dalam makanan olahan adalah gula yang sebaiknya tak dikonsumsi terlalu banyak.

Melansir Everyday Health, mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar akan membuat sel-sel menjadi resisten terhadap insulin dari waktu ke waktu. Ini adalah faktor risiko peradangan sistemik, diabetes tipe 2, dan kondisi kronis lainnya.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada November 2016 di jurnal Nutrients, mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan juga berkaitan dengan penambahan berat badan dan obesitas, faktor risiko penyakit jantung, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan kanker.

Tak hanya itu, kurangnya asupan buah dan sayur dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi tertentu, seperti vitamin, mineral, dan serat.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, rekomendasi gula harian sebaiknya tak lebih dari 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 12 tanda terlalu banyak konsumsi gula yang perlu kita perhatikan:

1. Lebih lapar dan berat badan naik

Mengonsunsi kalori ekstra melalui gula tambahan akan meningkatkan rasa lapar.

Menurut Keri Stoner-Davis, RDN dari Lemond Nutrition di Plano, Texas, gula memang bisa memuaskan selera, tetapi tidak benar-benar bisa membuat kita kenyang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X