Kompas.com - 16/06/2021, 11:28 WIB
Baking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda. PEXELS/NICOLE MICHAOLUBaking soda dan baking powder sama-sama sering digunakan untuk memasak, terutama membuat kue. Tapi baking soda dan baking powder ternyata punya fungsi berbeda.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Baking powder adalah bahan pengembang yang digunakan dalam pembuatan makanan dengan teknik pemanggangan.

Menariknya lagi, jika dipecah, ternyata itu hanya campuran baking soda atau soda kue (basa) ditambah krim tartar (asam lemah).

"Bila dikombinasikan dengan cairan, baking powder menciptakan reaksi asam-basa, yang melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan," kata Melanie Moss, pastry chef dan salah satu pendiri Mini Melanie.

Campuran ini menyebabkan gelembung, membuat adonan mengembang dan menambah volume, serta memberi tekstur lembut dan ringan pada makanan kita.

Nah, jika kita kehabisan baking powder, jangan khawatir. Karena kita bisa menggantinya dengan baking soda dan asam apa pun, untuk membuat reaksi yang sama.

Untuk mengganti baking powder, kita bisa menggunakan satu bagian baking soda dengan dua bagian asam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, jika resepnya membutuhkan 3 sendok teh baking powder, kita bisa menggantinya dengan 1 sendok teh baking soda ditambah 2 sendok teh bahan asam pilihan kita, seperti krim tartar atau jus lemon.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Ilustrasi baking soda dan baking powder. SHUTTERSTOCK/LUIS ECHEVERRI URREA Ilustrasi baking soda dan baking powder.
Berikut ini rekomendasi penggantian baking powder dengan beberapa bahan yang tersedia di rumah dari Moss dan Tracy Wilk, instruktur koki di Institute of Culinary Education:

1. Krim tartar dan baking soda

Baking powder yang kita beli dari toko adalah pencampuran krim tartar plus baking soda, jadi jika kita menggabungkannya sendiri di rumah, maka akan memberikan hasil yang sama persis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X