Kompas.com - 16/06/2021, 13:21 WIB
Ilustrasi makan kerang shutterstockIlustrasi makan kerang

KOMPAS.com - Sudah jadi pemahaman umum jika makanan bisa meningkatkan mood seseorang. Perasaan sedih dan gundah biasanya bisa langsung hilang seketika ketika menyantap makanan favorit.

Faktanya, hubungan antara makanan dan mood ternyata bukan hanya sekedar kepercayaan semata. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah oleh para ahlinya.

"Makanan dan nutrisi tertentu membantu otak Anda membuat bahan kimia yang dapat memengaruhi suasana hati, perhatian, dan fokus, sementara makanan lain dapat menguras energi Anda," kata Sarah Thomsen Ferreira, ahli diet terdaftar di Cleveland Clinic, Amerika Serikat.

Untuk meningkatkan suasana hati, kita dianjurkan untuk menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein tanpa lemak dan pangan kaya warna.

Baca juga: Pilihan Makanan Sehat untuk Tingkatkan Mood

Sumber karbohidrat kompleks misalnya ubi jalar, gandum utuh, kacang-kacangan dan quinoa. Pangan tersebut dapat meningkatkan kadar serotonin kimia di otak yang membuat kita merasa lebih senang.

Sedangkan protein seperti yang dikandung ikan, daging sapi, ayam, kalkun, tahu, kacang-kacangan, telur, dan yogurt tanpa pemanis dapat meningkatkan dopamin dan norepinefrin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keduanya merupakan bahan kimia di otak yang berperan dalam pembentukan suasana hati, motivasi, dan konsentrasi kita.

Sayuran dan buah yang berwarna-warni kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang menyehatkan tubuh serta telah terbukti meningkatkan kebahagiaan.

Baca juga: Meningkatkan Hormon Kebahagiaan, Bagaimana Caranya?

Kombinasi makanan tersebut mengandung nutrisi bermanfaat termasuk lemak sehat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsinya termasuk menjaga stabilitas kadar gula dalam darah setelah makan, yang telah dikaitkan dengan perbaikan suasana hati dan mengontrol kecemasan.

"Diet Mediterania telah mendapatkan perhatian yang signifikan untuk mengurangi gejala depresi, dengan komponen kunci yang meningkatkan asupan sayuran, buah, ikan kaya omega-3, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan minyak zaitun," kata Ferreira.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.