Kompas.com - 16/06/2021, 16:51 WIB
Ilustrasi seorang pria yang sedang sakit ShutterstockIlustrasi seorang pria yang sedang sakit
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah lebih dari satu setengah tahun sejak Covid-19 melanda, dan semakin banyak orang terinfeksi oleh virus ini.

Covid-19 bahkan menimbulkan beberapa gejala lanjutan --atau yang kita kenal dengan long covid-- setelah para penyintas dinyatakan negatif.

Dalam sebuah studi baru di Amerika Serikat, sebanyak 23 persen penyintas Covid-19 kembali mencari perawatan medis karena long covid, setidaknya 30 hari pasca infeksi.

Menurut temuan itu, long covid berdampak pada pria dan wanita dari segala usia, termasuk anak-anak dan bahkan orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus corona.

Kendati demikian, gejala dari long covid ini juga berbeda-beda tiap orang. Ada yang mungkin tidak mengetahui kalau dirinya sedang mengalami long covid setelah negatif dari Covid-19.

Baca juga: Waspada, Penderita Covid-19 Bisa Alami Disfungsi Ereksi

Oleh sebab itu, simak beberapa tanda long covid yang mungkin tidak kita ketahui, seperti berikut ini.



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.