Kompas.com - 17/06/2021, 08:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|

KOMPAS.com – Pertumbuhan bayi yang semakin pesat ketika masuk usia 6 bulan membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Oleh karena itu, tak cukup bila bayi hanya meminum air susu ibu (ASI) saja. Bayi usia 6 bulan juga sudah membutuhkan makanan pendamping ASI (mpasi).

Idealnya, mpasi yang dikonsumsi bayi tidak hanya sekadar mengenyangkan, tetapi juga dapat memberikan kecukupan nutrisi untuk pertumbuhannya.

Baca juga: 7 Makanan Penambah Berat Badan Anak dan Memacu Pertumbuhan

Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan bayi dalam mpasi? Pada prinsipnya sama dengan orang dewasa, mpasi memerlukan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Mpasi yang bernutrisi akan membantu tumbuh kembang bayi menjadi optimal dan menghindari bayi dari kekurangan gizi. Dengan begitu, ia jauh dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk badan kurus dan stunting.

Simak, apa saja kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi saat bayi sudah mpasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Karbohidrat

Tidak hanya sebagai sumber energi, karbohidrat dalam mpasi membantu pengolahan protein dan lemak yang dicerna oleh anak.

Sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada angka kecukupan gizi (AKG), ada perbedaan kebutuhan karbohidrat pada anak berdasarkan usianya.

Usia 7-11 bulan, misalnya, membutuhkan karbohidrat harian sebesar 82 gram. Kemudian, bayi usia 12-24 bulan harus memenuhi asupan karbohidrat sebesar 155 gram per hari.

Baca juga: Pengenalan MPASI untuk Bayi Kurus

Sebagai langkah awal, Anda sebagai orangtua generasi bersih dan sehat (GenBest) bisa mulai mengenalkan nasi yang diolah menjadi bubur.

Data Komposisi Pangan dari Kemenkes menyebutkan, dalam 100 gram nasi mengandung 39,8 gram karbohidrat. Seiring bertambahnya usia, GenBest bisa mullai dengan mengenalkan nasi dan kentang yang telah diolah lebih lembut.

Ilustrasi bubur susu tepung beras untuk MPASI bayi 6 bulan-1 tahun. SHUTTERSTOCK/NAR STUDIO Ilustrasi bubur susu tepung beras untuk MPASI bayi 6 bulan-1 tahun.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X