Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bunda, Penuhi 5 Makanan Tinggi Nutrisi Ini agar Bayi Capai Berat Badan Ideal

Kompas.com - 17/06/2021, 08:53 WIB
Alek Kurniawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pertumbuhan bayi yang semakin pesat ketika masuk usia 6 bulan membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Oleh karena itu, tak cukup bila bayi hanya meminum air susu ibu (ASI) saja. Bayi usia 6 bulan juga sudah membutuhkan makanan pendamping ASI (mpasi).

Idealnya, mpasi yang dikonsumsi bayi tidak hanya sekadar mengenyangkan, tetapi juga dapat memberikan kecukupan nutrisi untuk pertumbuhannya.

Baca juga: 7 Makanan Penambah Berat Badan Anak dan Memacu Pertumbuhan

Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan bayi dalam mpasi? Pada prinsipnya sama dengan orang dewasa, mpasi memerlukan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Mpasi yang bernutrisi akan membantu tumbuh kembang bayi menjadi optimal dan menghindari bayi dari kekurangan gizi. Dengan begitu, ia jauh dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk badan kurus dan stunting.

Simak, apa saja kebutuhan nutrisi yang perlu dipenuhi saat bayi sudah mpasi.

1. Karbohidrat

Tidak hanya sebagai sumber energi, karbohidrat dalam mpasi membantu pengolahan protein dan lemak yang dicerna oleh anak.

Sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada angka kecukupan gizi (AKG), ada perbedaan kebutuhan karbohidrat pada anak berdasarkan usianya.

Usia 7-11 bulan, misalnya, membutuhkan karbohidrat harian sebesar 82 gram. Kemudian, bayi usia 12-24 bulan harus memenuhi asupan karbohidrat sebesar 155 gram per hari.

Baca juga: Pengenalan MPASI untuk Bayi Kurus

Sebagai langkah awal, Anda sebagai orangtua generasi bersih dan sehat (GenBest) bisa mulai mengenalkan nasi yang diolah menjadi bubur.

Data Komposisi Pangan dari Kemenkes menyebutkan, dalam 100 gram nasi mengandung 39,8 gram karbohidrat. Seiring bertambahnya usia, GenBest bisa mullai dengan mengenalkan nasi dan kentang yang telah diolah lebih lembut.

Ilustrasi bubur susu tepung beras untuk MPASI bayi 6 bulan-1 tahun. SHUTTERSTOCK/NAR STUDIO Ilustrasi bubur susu tepung beras untuk MPASI bayi 6 bulan-1 tahun.

2. Protein hewani dan nabati

Protein hewani dan nabati dalam mpasi berfungsi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Sesuai anjuran AKG Kemenkes, setiap anak harus memenuhi kebutuhan protein hariannya. Untuk usia 7-11 bulan sebesar 18 gram protein dan 12-24 bulan sebanyak 28 gram protein.

GenBest bisa memenuhi kebutuhan protein hewani dari daging ayam, sapi, atau makanan laut.
Perlu diketahui, 100 gram daging ayam mengandung sekitar 18,2 gram protein. Lalu, setiap 100 gram daging sapi mengandung sekitar 17,5 gram protein. Sementara, makanan laut, seperti ikan mas, mengandung 16 gram protein.

Anda juga bisa memberikan protein nabati, seperti tahu dan kacang hijau. Untuk diketahui, 120 gram tahu mengandung 10 gram protein. Sementara, 100 gram olahan kacang hijau menyumbang 7 gram protein.

3. Lemak

Pada periode emas pertumbuhan anak, lemak adalah nutrisi yang juga harus dipenuhi. Berdasarkan AKG Kemenkes, kebutuhan lemak anak usia 7-11 sebesar 36 gram per hari. Sementara itu, anak usia 12-24 bulan memerlukan lemak sebanyak 44 gram per hari.

Contoh sumber lemak yang baik bersumber dari ikan salmon. Kandungan lemak tak jenuh atau asam lemak omega 3 dalam salmon dapat membantu meningkatkan perkembangan fungsi otak anak.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com