Kompas.com - 17/06/2021, 13:56 WIB
Ilustrasi nasi Jepangs. SHUTTERSTOCK/NISHIHAMAIlustrasi nasi Jepangs.

KOMPAS.com - Walau sama-sama terbuat dari beras, namun nasi Jepang berbeda dengan nasi yang biasa kita makan sehari-hari. Nasi Jepang lebih pulen serta terasa lebih nikmat.

Hal ini dikarenakan, beras Jepang cenderung berbutir pendek dan berwarna putih. Untuk mencapai tekstur yang tepat yakni, mengkilap dan lembut tetapi tidak lengket,  memerlukan metode memasak tertentu.

Saat ini banyak alat penanak nasi yang bisa menghasilkan nasi Jepang dengan praktis. Tetapi kita juga bisa memasaknya secara tradisional di kompor.

Memasak nasi jepang ini bisa jadi cukup rumit, karena kekuatan kompor bervariasi, jadi waktu memasak dalam resep sebenarnya hanyalah perkiraan.

Baca juga: Kenapa Nasi Jepang Berbeda dengan Nasi Indonesia?

Hindari untuk mengangkat tutupnya hanya karena untuk mengecek apakah nasi sudah matang atau belum. Hal ini bisa menyebabkan uap keluar dari panci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang perlu kita lakukan adalah hanya mendengar dan mengenali suara gemericik nasi yang mendidih dan desisan nasi yang hampir matang.

Nah, berikut ini adalah cara memasak nasi Jepang tanpa rice cooker atau penanak nasi. 

Alat dan Bahan:

Panci berat dengan tutup yang rapat

Saringan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber thekitchn
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X