Kompas.com - 17/06/2021, 17:52 WIB
Ilustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes. SHUTTERSTOCK/JPC-PRODIlustrasi obesitas dan diabetes. Obesitas bisa memicu penyakit diabetes.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kegemukan atau yang biasa kita kenal sebagai obesitas merupakan kelebihan lemak tidak sehat pada tubuh yang dapat meningkatkan berbagai macam risiko penyakit.

Obesitas ini sering kali menjadi penyebab penyakit kronis yang cukup serius seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes tipe 2.

Nah, untuk itu, kita perlu mengetahui beberapa tanda bahwa kita telah mengalami obesitas guna menghindari timbulnya penyakit-penyakit yang berbahaya.

Berikut ini terdapat enam tanda kita mengalami obesitas:

1. Pakaian atau celana menjadi sempit

Salah satu tanda yang jelas dari obesitas adalah ketika pakaian atau celana kita mulai terasa sempit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahli kesehatan di Maryland Bariatric Center di Mercy Hospital Baltimore, Kuldeep Singh, MD mengatakan bahwa kita tidak boleh mengabaikan hal ini.

"Jadi, daripada membeli pakaian baru, sebaiknya pergilah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terkait obesitas," sarannya.

Baca juga: Waspadai, Perut Buncit Picu Risiko Kematian yang Tinggi

2. Kaki membengkak

Peningkatan berat badan dapat memberi tekanan pada sistem vena yang membawa darah ke seluruh tubuh. Misalnya, dari kaki kembali ke jantung.

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X