Kompas.com - 17/06/2021, 19:51 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah. SHUTTERSTOCK/NATTAKORN MANEERATIlustrasi olahraga di rumah.

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme kita cenderung menurun sehingga perlu pendekatan berbeda untuk menurunkan berat badan.

Apalagi, bagi wanita, perubahan hormonal termasuk menopause dapat mempersulit penurunan berat badan setelah memasuki usia 40 tahun ke atas.

Kendati demikian, hal itu tidak berarti mengendurkan semangat kita karena masih ada banyak cara bagi wanita di atas 40 tahun untuk tetap berjuang dalam menurunkan berat badan secara sehat.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak tujuh tips menurunkan berat badan bagi wanita di atas 40 tahun, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

Baca juga: 5 Tips bagi Pemula yang Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Berlari

1. Mulai latihan beban

Wanita umumnya memiliki massa otot alami yang lebih rendah daripada pria. Padahal, penuaan dapat menguras sebanyak 5 persen jaringan otot kecil yang kita miliki dalam periode 10 tahun, yang biasanya dimulai setelah usia 30 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untungnya, membangun otot dengan rutinitas latihan beban ringan dapat membakar beberapa kalori.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan bahwa, wanita yang menambahkan pelatihan resistensi untuk rutinitas mereka benar-benar dapat mempertahankan tingkat metabolisme istirahat.

Baca juga: Turunkan Berat Badan pada Wanita dengan Latihan Beban, Mungkinkah?

2. Berjalan kaki secara rutin

Berjalan kaki secara rutin dapat menjadi langkah pertama untuk mencapai berat badan yang lebih sehat.

Tetap aktif dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori dan menurunkan kemungkinan kita menderita cedera.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko osteoporosis dan mengurangi berat badan ekstra. Itu juga berarti kita dapat mengurangi ketegangan pada persendian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X