Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2021, 09:01 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meja rias seringkali menjadi tempat yang dilupakan saat kita beres-beres rumah atau pun menyortir barang (decluttering). Padahal, kemungkinan besar ada banyak produk kecantikan yang sudah perlu dibuang tapi masih kita simpan.

Kita tentu memiliki banyak koleksi makeup, contohnya saja lipstik yang kemungkinan besar kita miliki lebih dari lima buah. Namun, yang dipakai hanya satu atau dua lipstik saja untuk riasan sehari-hari. 

Brand kecantikan juga tidak henti-hentinya selalu mengeluarkan inovasi produk terbaru, mulai dari makeup maupun skincare. Iklannya pun sering menggoda kita untuk segera membelinya.

Akibatnya, banyak makeup dan skincare menumpuk di lemari, meja, atau laci meja rias. Tanpa disadari produk kecantikan yang berserakan di meja ini bisa membuat kamar terlihat berantakan, bahkan membuat stres.

Baca juga: Peduli Bumi, 5 Brand Kosmetik Ini Menerima Sampah Sisa Produknya

Helen Sanderson, seorang declutterer profesional dari London mengatakan bahwa hal ini seperti ironi, karena kosmetik dimaksudkan untuk meningkatkan kecantikan, tetapi ketika melihat tas atau laci makeup beberapa orang, itu jelas bukan pemandangan yang indah.

Rutin melakukan decluttering bukan hanya membuat ruangan rapi, tapi juga menghindarkan kita dari memakai produk yang kedaluarsa. Berikut adalah tipsnya:

1. Jangan menimbun sampel gratis

Menurut Helen, sampel produk gratis adalah salah satu penyebab terbesar kekacauan. Kita mengumpulkannya dari hotel, atau pun berbagai sumber, namun upa untuk menggunakannya.

2. Singkirkan makeup yang sudah lama

Setiap produk makeup maupun skincare tentu memiliki masa expired. Tentu akan berbahaya kalau produk yang sudah kedaluwarsa itu dipakai di kulit.

Baca juga: 5 Tanda Parfum Kedaluwarsa, Sudah Tahu?

"Sebagai aturan umum setelah dibuka produk cair harus disimpan tidak lebih dari enam bulan, dan untuk produk lainnya sekitar setahun," kata Kate Ibbotson, seorang organisator profesional.

Selain itu, makeup yang sudah lama bisa menjadi sarang kuman, dan produk kering seperti maskara dan cat kuku tidak baik untuk digunakan lagi, jadi buang produk lama untuk membantu mengurangi penumpukan produk di rumah kita.

Kuas makeup yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan jerawat, iritasi, hingga infeksi.PIXABAY/YASINYASINTHA Kuas makeup yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan jerawat, iritasi, hingga infeksi.

3. Memisahkan produk yang cocok dan tidak cocok

Kita perlu untuk merenungkan dan memisahkan mana saja produk makeup dan skincare yang cocok dan tidak cocok dengan kulit kita. 

“Sejajarkan semua makeup dalam kelompok warna atau jenis, lalu lihat dan cari tahu mana yang cocok untuk kita,” kata Beverly Wade, ahli decluttering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com