Kompas.com - 18/06/2021, 10:47 WIB
Berlian ketiga terbesar di dunia ditemukan di Botswana Berlian ketiga terbesar di dunia ditemukan di Botswana

KOMPAS.com - Berlian terbesar ketiga di dunia sebesar 1.098 karat belum lama ini ditemukan di Botswana.

Batu mulia itu berhasil digali dari penambangan Jwaneng yang terletak 75 mil dari Gaborone, ibu kota negara Afrika bagian selatan itu.

Lokasi itu diketahui milik Debswana, perusahaan patungan pemerintah Botswana dengan perusahaan berlian Afrika Selatan, De Beers.

Managing Director Debswana Diamond Company, Lynette Armstrong mengatakan permata ini menjadi temuan terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaannya.

"Ini adalah berlian terbesar yang ditemukan oleh Debswana dalam sejarahnya selama lebih dari 50 tahun beroperasi,” ujarnya.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penemuan Berlian Terbesar di Alam Semesta

Menurutnya, berdasarkan analisis awal, berlian itu bisa menjadi batu kualitas permata terbesar ketiga di dunia. Besaran karatnya hanya kalah dari dua berlian raksasa lainnya yang pernah ditemukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berlian terbesar yang diberi nama Culinan ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 dengan berat 3.106 karat. Sedangkan berlian kedua terbesar disebut Lesedi La Rona 1.109 karat yang ditemukan Lucara Diamonds, juga di Botswana

Armstrong belum bisa memastikan apakah berlian tersebut akan dijual melalui Okavango, perusahaan berlian milik negara atau melalui distribusi De Beers.

Meski demikian, ia telah menyerahkan batu permata tersebut kepada Presiden Bostwana, Mokgweetsi Masisi.

Baca juga: The Spirit of the Rose, Berlian Pink Langka Bernilai Tinggi

Menteri Mineral Botswana, Lefoko Moagi menerangkan, berlian yang belum diberi nama itu memiliki panjang 73mm, lebar 52mm dan tebal 27mm. Ia menyambut baik penemuan itu karena terjadi di momen tepat ketika pasar berlian sedang lesu akibat terdampak pandemi.

Penemuan ini juga telah diumumkan kepada publik melalui akun Twitter resmi Pemerintah Botswana.

"Hasil dari berlian akan digunakan untuk memajukan pembangunan nasional di negara ini. Debswana harus menggunakan penemuan terbaru ini sebagai titik belok, agar tambang menggunakan teknologinya untuk mewujudkan lebih banyak penemuan besar ini,” seperti dikutip dalam salah satu cuitan akun tersebut.

Baca juga: Louis Vuitton Beli Bongkahan Berlian 549 Karat 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X