Kompas.com - 18/06/2021, 13:04 WIB
Mobil Rolls Royce Phantom IV bekas milik Putri Margaret akan dilelang. SothebysMobil Rolls Royce Phantom IV bekas milik Putri Margaret akan dilelang.

KOMPAS.com - Mobil Rolls Royce Phantom IV bermesin V8 milik Putri Margaret bakal dilelang dalam waktu dekat.

Mobil antik ini dipakai oleh adik Ratu Elizabeth selama 13 tahun dan telah dikendarai sejauh 27.000 mil.

Limusin hitam ini digunakan untuk mengantarnya dalam berbagai aktivitas pribadi dan tugas resmi kerajaan, termasuk makan malam bersama Perdana Menteri Inggris, Winston Churcill.

"Itu adalah mobil yang dibuat untuk penggunaan resmi oleh Putri Margaret dalam menjalankan tugasnya, dan itu terlihat seperti itu," seperti dikutip dalam rilis resmi rumah lelang Sotheby's.

Baca juga: Hermes dan Rolls-Royce Sulap Phantom VIII Menjadi Supermewah

Kendaraan tersebut tergolong langka karena merupakan satu dari 18 unit yang pernah diproduksi pada rentang tahun 1950 sampai 1958. Sisanya dimiliki oleh sejumlah pemimpin dunia dan anggota Kerajaan Inggris.

Keistimewaanya bukan cuma soal latar belakang pemiliknya saja namun juga spesifikasi kendaraannya yang mengagumkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobil ini memiliki delapan silinder seperti yang banyak dipasang di mobil sport modern, memastikannya sebagai kendaraan yang bertenaga. Aspek ini pula yang disebut paling menarik perhatian anak bungsu Raja George VI ini.

Putri Margaret, adik Ratu Elizabeth II. (History Extra) Putri Margaret, adik Ratu Elizabeth II. (History Extra)

Namun, kendaraan yang dirancang khusus untuk kebutuhan kerajaan ini juga memiliki sejumlah fitur istimewa untuk menjamin kenyamanannya. Misalnya saja jendela dan panel atap kaca bertirai kain yang dioperasikan secara elektrik serta penutup jendela.

Baca juga: Tampilan The Uriel, Mobil Rolls-Royce Kustom Milik Justin Bieber

Sebagai sentuhan pribadi, mobil ini dipasang dengan plat nomor PM6450 dan patung Pegasus, hewan mitologi yang menjadi maskot pribadi Putri Margaret, di atas radiatornya.

Menurut keterangan dari Sotheby's, mobil itu sering dikemudikan sendiri oleh wanita yang dijuluki Rebel Royal ini. Karena itu, ada sejumlah penyesuaian yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Tambahan itu berupa adanya transmisi otomatis, kursi yang bisa disesuaikan tinggi dan jangkauannya serta kursi pengemudi yang dilapisi kain lembut nan mewah, bukan hanya jok kulit biasa.

Ada pula lampu polisi biru dan lambang kerajaan di bagian atap mobil, lengkap dengan tiang bendera di atas tajuk kaca depan yang sudah dilepas.

Baca juga: Putri Margaret, Putri Kerajaan Inggris dengan Tiara Terbesar

Dibuat pada Februari 1954, hanya butuh lima bulan untuk menyelesaikan produksinya. Mobil ini mulai mengaspal pada Juli di tahun yang sama.

Sejauh ini, belum ada publikasi resmi soal prediksi harga kendaraan mewah ini. Meski demikian, bisa dipastikan harganya akan sangat fantastis karena menjadi incaran banyak kolektor mobil antik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X