BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Ladies, Ini 5 Cara agar Tampil Percaya Diri demi Raih Tujuan

Kompas.com - 18/06/2021, 17:34 WIB
ilustrasi wanita mandiri Shutterstockilustrasi wanita mandiri

KOMPAS.com - Rasa percaya diri merupakan modal utama dalam beraktivitas. Dengan rasa percaya diri, seseorang dapat menghadapi tekanan, meningkatkan kredibilitas, dan membuat orang sekitarnya merasa nyaman.

Sayangnya, sebagian orang, terutama kaum hawa, sering mengalami kesulitan dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Hal ini terjadi karena wanita kerap dianggap tidak punya kemampuan layaknya pria.

Secara tidak sadar, stigma tersebut akhirnya membuat wanita sering merasa ragu, khawatir, dan takut untuk menunjukkan kemampuan yang sesungguhnya.

Untuk mengatasi rasa minder atau kurang percaya diri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari laman Psychology Today, Selasa (5/3/2019).

1. Jujur pada diri sendiri

Perasaan tidak menyenangkan, termasuk kurang percaya diri, sering kali disangkal dan diabaikan. Padahal, sebagai manusia, perasaan tidak menyenangkan merupakan hal yang lumrah untuk dialami.

Dengan menyadari keberadaannya, seseorang dapat menggali lebih dalam mengenai penyebab rasa tidak percaya diri. Dengan begitu, Anda juga akan semakin memahami cara untuk mengatasi perasaan ini.

Baca juga: 8 Cara Mudah Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Fokus pada kemampuan dan tujuan

Kurang percaya diri sering kali menjadi penghambat dalam mencapai tujuan, baik tujuan pribadi maupun profesional.

Oleh sebab itu, ketimbang menghabiskan energi untuk merenungi kekurangan diri, sebaiknya Anda mulai berfokus pada kemampuan yang dimiliki. Pasalnya, kemampuan ini akan menjadi modal Anda untuk meraih tujuan.

3. Stop stigma negatif

You are what you think”. Ungkapan tersebut menunjukkan bahwa diri Anda merupakan cerminan dari pikiran Anda. Oleh karena itu, berhentilah memberi stigma negatif pada diri sendiri.

Selain itu, hindari pula mengkritik diri sendiri terlalu keras. Pasalnya, hal tersebut tidak hanya menimbulkan keraguan terhadap kemampuan diri, tetapi juga mengganggu fokus Anda dalam meraih tujuan.

4. Terima pujian

Pujian tulus merupakan penghargaan atas kemampuan seseorang. Oleh sebab itu, terimalah pujian yang dilontarkan dengan tulus kepada Anda.

Pujian juga akan membantu Anda untuk melihat kemampuan diri secara keseluruhan. Hal ini akan meminimalisasi perasaan rendah diri yang kerap Anda rasakan.

5. Ekspresikan diri

Bukan tanpa alasan para terapis sering meminta klien mereka untuk banyak berbicara. Lewat bicara, seseorang dapat mengekspresikan perasaan dan pikirannya secara gamblang. Pada akhirnya, hal tersebut akan mendorong seseorang untuk lebih percaya diri.

Selain berbicara, banyak cara bisa dilakukan untuk mengekspresikan diri. Salah satunya adalah menggunakan aksesori, seperti perhiasan.

Baca juga: Agar Tak Sekadar Lewat, Gunakan Gaji Pertama untuk Beli 3 Barang Ini

Perhiasan wanita, misalnya cincin berlian, dapat mentransformasikan pemakainya menjadi pribadi yang penuh percaya diri. Hal inilah yang kemudian diadaptasi oleh cincin berlian Frank & co. Dew Light Collection.

#DewLight merupakan koleksi perhiasan berlian terbaru dari Frank & co. Produk ini terinspirasi dari embun yang memberikan kesegaran untuk mengawali hari.

Dengan teknologi komputerisasi, mulai dari proses desain hingga produksi, cincin berlian tersebut ditatah menyerupai tetes air yang segar, bersih, jernih, dan suci.

Frank & co. Dew Light Collection.Frank & co. Frank & co. Dew Light Collection.

Desain tersebut menjadi simbol keanggunan dan kemurnian sehingga dapat memberikan perasaan damai dan tenang layaknya embun pagi. Pada akhirnya, produk ini dapat membantu pemakainya untuk tampil dengan lebih percaya diri.

Selain itu, desain #DewLightCollection juga menekankan pada bagian lekuk dan bentuk yang menarik. Hal ini mewakili perubahan dan harapan di kehidupan manusia. Keduanya bisa dilalui dan dicapai jika seseorang percaya terhadap dirinya sendiri.

Dengan desain klasik, tetapi memiliki makna mendalam, cincin berlian wanita tersebut cocok dipakai, baik untuk penunjang aktivitas sehari-hari maupun acara resmi. Bahkan, produk ini dapat menjadi ide hadiah unik pada momen spesial, termasuk hadiah ulang tahun.

Baca juga: Bukan Cuma Mawar, 5 Tanaman Ini Juga Jadi Simbol Cinta

Untuk diketahui, perhiasan wanita Dew Light Collection memiliki tiga seri, yakni #TwilightDewSeries, #MorningDewSeries, dan #MidnightDewSeries.

Selain cincin, masing-masing seri tersebut juga menghadirkan koleksi kalung berlian, anting berlian, dan liontin berlian.

Koleksi anting dan cincin Dew Light Collection dapat Anda temukan di toko berlian terdekat sejak Mei 2021. Di toko berlian ini, Anda juga bisa mendapatkan anting berlian model terbaru dan liontin berlian model terbaru dari Frank & co.

Sebagai informasi, harga koleksi Dew Light, termasuk harga kalung berlian, dibanderol mulai Rp 13.550.000 sampai Rp 26.000.000.

Informasi selengkapnya mengenai produk Frank & co. Dew Light Collection dapat Anda temukan pada laman resmi dan akun Instagram @franknco_id.

Nah, itulah lima cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jangan sampai rasa kurang percaya diri menjadi penghambat bagi Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan, menghadapi tantangan, dan meraih tujuan hidup yang Anda inginkan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya