Kompas.com - 19/06/2021, 08:22 WIB
Sick woman in grey homewear sitting on bed, keeping hands on stomach, suffering from intense pain. Illness, stomach ache concept FREEPIK/KATEMANGOSTARSick woman in grey homewear sitting on bed, keeping hands on stomach, suffering from intense pain. Illness, stomach ache concept

KOMPAS.com - Sejumlah makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat mengacaukan keseimbangan bakteri di usus dan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Seorang ahli gizi di TheCandidaDiet.com, Lisa Richards mengatakan bahwa makanan yang buruk bagi kesehatan usus juga dapat menimbulkan penyakit kronis yang tentunya menurunkan kualitas hidup kita.

Para ahli nutrisi pun kemudian mengidentifikasi beberapa makanan populer yang berkontribusi pada mikrobioma yang tidak seimbang, sehingga menyebabkan masalah pada saluran pencernaan, mulai dari sindrom iritasi usus besar, kembung, Gerd, hingga sekadar menimbun menjadi lemak perut.

Berikut lima makanan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That:

1. Sereal manis

Richards mengatakan bahwa penyebab utama pertumbuhan jamur yang berlebihan di usus adalah makanan cepat saji yang diproses dan sarat gula.

Faktanya, bahkan produk makanan yang dianggap sehat sekalipun dapat masuk ke kategori makanan penyebab gangguan pencernaan, seperti sereal manis, kue kering, dan protein bar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gula adalah makanan bagi bakteri jahat di usus. Untuk meningkatkan kesehatan usus, kita perlu menguranginya dan mengintegrasikan probiotik ke dalam pola makan harian.

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

2. Yogurt rasa

Mengonsumsi yogurt dengan kultur aktif atau hidup adalah cara yang bagus untuk mengisi kembali usus dengan bakteri yang bermanfaat.

Namun, mengonsumsi yogurt rasa justru dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan.

"Dalam upaya untuk meningkatkan kelezatan yogurt, perusahaan makanan mengubah probiotik alami yang hebat ini sumber gula yang malah melawan aktivitas probiotiknya," kata ahli gizi di Appleman Nutrition, Fiorella DiCarlo, RD.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X