Kompas.com - 21/06/2021, 10:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Makan seharusnya memberi tubuh kita energi untuk menjalani aktivitas di sepanjang hari. Tapi, sebaliknya, makan justru dapat membuat kita lesu dan mudah mengantuk.

Ahli diet di National Kidney Foundation of Illinois, Melissa Prest, mengatakan bahwa makan merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak energi, sehingga bisa membuat kita merasa lelah.

Terlebih lagi, insulin — hormon yang dibuat oleh pankreas yang mengontrol gula darah kita — memiliki dampak besar pada tingkat energi setelah kita makan.

"Jadi, saat kita makan, kadar insulin akan melonjak untuk memastikan kadar gula darah kita berada di tempat yang seharusnya," jelasnya.

"Ketika pekerjaan itu selesai, kadar insulin menurun dan bisa membuat orang merasa ngantuk. Ini adalah proses yang normal, tetapi rasa kantuk tidak boleh berlangsung lama," sambung dia.

Baca juga: Makan Jangan Hanya Cari Kenyang

Untuk menghindari rasa kantuk usai makan, Perst menyarankan agar kita memasukkan campuran karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein tanpa lemak ke dalam setiap makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kita juga perlu memilih makanan yang lebih rendah lemak jenuh, tinggi serat, dan diproses secara minimal.

Di samping itu, menggerakkan tubuh setiap hari, tidur setidaknya tujuh jam setiap malam, dan tetap terhidrasi akan membuat kita tetap terjaga sampai waktu tidur.

Tetapi, jika kita masih merasa lelah dan ngantuk setelah makan, mungkin ini adalah beberapa alasan yang perlu kita ketahui, seperti yang dilansir dari laman Prevention.

Baca juga: 7 Tanda Tubuh Kebanyakan Makan Garam, Termasuk Gampang Haus

1. Minum alkohol saat makan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X