Kompas.com - 21/06/2021, 11:50 WIB
Ilustrasi skin karakter yang bakal ditemui di musim ke-5 Fortnite lewat Battle Pass. FortniteIlustrasi skin karakter yang bakal ditemui di musim ke-5 Fortnite lewat Battle Pass.

KOMPAS.com - Anak yang terlalu asyik bermain video game cenderung membuat orang tua khawatir, apalagi jika video game tersebut mengandung unsur kekerasan seperti Fortnite.

Faktanya, studi terbaru mengungkapkan manfaat dari anak yang sering memainkan game Fortnite.

Seperti dilaporkan PsyPost, studi yang dimuat ke dalam jurnal Computers in Human Behavior menemukan manfaat positif dari game tersebut, yakni anak menunjukkan lebih banyak aspek prososial alias lebih mau menolong orang lain.

Itu artinya, game populer tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan mental anak.

Baca juga: Game Fortnite Season 5 Resmi Dimulai, Apa Saja yang Baru?

Penulis studi mencari tahu apakah game dengan genre pertempuran (fighting) seperti Fortnite mengandung nilai-nilai sosial yang lebih besar daripada unsur kekerasan atau tidak.

Mereka mengamati 845 siswa sekolah dasar dari 10 sekolah di seluruh Israel. Para siswa diminta untuk memilih game Fortnite atau Pinball.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti kemudian menanyakan tingkat kesenangan setiap siswa dalam permainan, serta ukuran perilaku prososial mereka.

Siswa-siswa tersebut juga ditanyai berapa banyak hadiah uang yang akan mereka sumbangkan untuk amal, dan kemungkinan mereka bersedia membantu para peneliti di studi lain nantinya.

Hasilnya, siswa yang bermain Fortnite memberi dan menawarkan lebih banyak uang untuk disumbangkan daripada siswa yang memainkan Pinball.

Baca juga: 5 Tips Mendidik Anak agar Senang Menolong

Tak hanya itu, para siswa yang bermain Fortnite lebih ingin membantu para peneliti untuk studi lebih lanjut ketimbang siswa pemain Pinball.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.