Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 12/10/2022, 12:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Menolak ajakan bercinta tak hanya dilakukan oleh istri. Pada beberapa situasi, banyak pula suami yang menolak ajakan bercinta.

Ketika suami mengatakan dirinya lelah dan menolak ajakan berhubungan intim, tak sedikit istri yang khawatir dengan alasan di baliknya. Apakah suami sudah tidak tertarik? Apakah suami tidak bahagia? Apakah dia selingkuh?

Menurut terapis hubungan dari New York, Cynthia Pizzulli, PhD, masyarakat membuat kebanyakan istri berpikir situasi ini tidak normal jika pria tidak menginginkan seks sepanjang waktu.

Padahal, normal jika keintiman seksual berubah-ubah selama hubungan, terutama yang bersifat jangka panjang seperti pernikahan.

Hal yang penting untuk diingat adalah jika kita melihat suami menghindari seks secara teratur dan akibatnya berdampak negatif terhadap diri kita, penting untuk mengidentifikasinya bersama dan mencari solusi.

"Kurangnya keintiman seksual adalah masalah terkait hubungan, bukan masalah individu,” kata Pizzulli.

Baca juga: Berapa Lama Pasangan Suami Istri Harus Bercinta?

Berikut beberapa kemungkinan penyebab suami menolak ajakan hubungan intim yang perlu diketahui:

1. Ada prioritas lain

Kehidupan bisa sangat sibuk dan membuat stres. Kondisi itu bisa berdampak terhadap seks.

Apalagi jika sudah memiliki anak, seks sering kali tidak menjadi prioritas bagi suami ketika pulang atau selesai bekerja.

"Terkadang tidur lebih prioritas (daripada seks)," ucap Pizzulli.

Selain itu, ketika sudah menikah, seks tidak lagi menjadi sesuatu yang baru, membuat pria biasanya mengalihkan fokus dan prioritas ke hal lain, misalnya pekerjaan.

Jadi, penting untuk menormalkan fakta bahwa prioritas kita berganti dari waktu ke waktu dan tak selalu hal buruk bagi setiap hubungan. Ini termasuk frekuensi dan prioritas seks yang bisa berubah dari waktu ke waktu pada pria maupun wanita.

Namun, mengusahakan keintiman seksual dalam hubungan pernikahan tetap penting, termasuk ketika berada di jadwal-jadwal sibuk.

Sebagai langkah awal, cobalah menjadwalkan hubungan intim bersama pasangan. Atur tanggalnya secara khusus dan cobalah mematuhinya.

Jika memungkinkan, pilihlah waktu tanpa anak-anak di rumah untuk menghindari gangguan.

Baca juga: 5 Alasan Umum Mengapa Wanita Tidak Menikmati Hubungan Intim

Halaman:
Baca tentang
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com