Kompas.com - 21/06/2021, 22:02 WIB

KOMPAS.com - Menolak ajakan bercinta tak hanya dilakukan oleh istri. Pada beberapa situasi, banyak pula suami yang menolak ajakan bercinta.

Ketika suami mengatakan dirinya lelah dan menolak ajakan berhubungan intim, tak sedikit istri yang khawatir dengan alasan di baliknya. Apakah suami sudah tidak tertarik? Apakah suami tidak bahagia? Apakah dia selingkuh?

Menurut terapis hubungan dari New York, Cynthia Pizzulli, PhD, masyarakat membuat kebanyakan istri berpikir situasi ini tidak normal jika pria tidak menginginkan seks sepanjang waktu.

Padahal, normal jika keintiman seksual berubah-ubah selama hubungan, terutama yang bersifat jangka panjang seperti pernikahan.

Hal yang penting untuk diingat adalah jika kita melihat suami menghindari seks secara teratur dan akibatnya berdampak negatif terhadap diri kita, penting untuk mengidentifikasinya bersama dan mencari solusi.

"Kurangnya keintiman seksual adalah masalah terkait hubungan, bukan masalah individu,” kata Pizzulli.

Baca juga: Berapa Lama Pasangan Suami Istri Harus Bercinta?

Berikut beberapa kemungkinan penyebab suami menolak ajakan hubungan intim yang perlu diketahui:

1. Ada prioritas lain

Kehidupan bisa sangat sibuk dan membuat stres. Kondisi itu bisa berdampak terhadap seks.

Apalagi jika sudah memiliki anak, seks sering kali tidak menjadi prioritas bagi suami ketika pulang atau selesai bekerja.

"Terkadang tidur lebih prioritas (daripada seks)," ucap Pizzulli.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.