Kompas.com - 22/06/2021, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Saat mendengarkan sebuah lagu yang iramanya menarik biasanya lagu tersebut akan terus terngiang di kepala dan kita sulit melupakannya.

Perlu diketahui, lagu yang selalu terbayang di pikiran kita atau disebut earworm bisa memainkan peranan penting dalam memperkuat ingatan kita, menurut para peneliti.

Satu studi yang dilakukan Petr Janata, PhD, dan Benjamin Kubit, PhD dari University of California mengungkap bagaimana sebuah lagu bisa membangkitkan ingatan seseorang. 

Hal tersebut dianggap bermanfaat untuk meningkatkan ingatan orang yang memiliki risiko demensia (kehilangan kemampuan memori otak).

Dalam penelitiannya, para peserta diminta menonton sebuah klip film dengan soundtrack musik.

Satu pekan kemudian, peserta yang mengingat soundtrack musik film itu di kepala mereka memiliki ingatan yang lebih baik tentang detail film, ketimbang peserta yang tidak mengingat musik.

Faktanya, efek earworm atau efek yang timbul setelah berulang kali mendengarkan soundtrack musik membantu peserta untuk memeroleh ingatan yang hampir sempurna terkait klip film tersebut, kata para peneliti.

Baca juga: Sains Jelaskan Kenapa Beberapa Lagu Terngiang di Kepala Anda

Efek earworm

Janata dan Kubit mengambil kesimpulan bahwa musik memainkan peran penting dalam pembentukan memori.

Keduanya berencana memeriksa penggunaan musik sebagai alat untuk membantu orang meningkatkan ingatan saat ingatan itu mulai terbentuk.

Mereka menduga, musik dapat meningkatkan ingatan orang-orang yang menderita demensia atau gangguan neurologis lainnya.

Intinya, jika kita menyenandungkan satu lagu berulang-ulang, artinya musik itu sudah memasuki pikiran kita.

Efek earworm, di sisi lain, akan membantu kita menyimpan momen penting di kehidupan kita.

Baca juga: Mendengarkan Musik Heavy Metal Bikin Pilihan Makanan Tidak Sehat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.