Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Minum Kopi Mengurangi Risiko Penyakit Hati Kronis?

Kompas.com - 23/06/2021, 10:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari karena memiliki banyak manfaat, seperti dapat memberikan energi untuk beraktivitas atau menghindari kita dari rasa kantuk.

Selain itu, sebuah studi baru juga mengungkapkan bahwa minum kopi dapat membantu mencegah kanker hati dan mengurangi risiko penyakit hati kronis lainnya.

Diketahui, penyakit hati kronis telah menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Menurut British Liver Trust, penyakit hati adalah penyebab utama ketiga kematian dini di Inggris, dengan kematian meningkat 400 persen sejak 1970.

"Penelitian ini ingin menegaskan pada pencinta kopi di Inggris bahwa minum kopi dapat melindungi mereka terhadap penyakit hati yang parah," kata Paul Roderick, rekan penulis studi dari University of Southampton.

Baca juga: 5 Tahapan Penyakit Hati dan Gejalanya

Dalam jurnal BMC Public Health, Roderick dan rekannya juga melaporkan bagaimana mereka menganalisis data dari 494.585 peserta di UK Biobank, sebuah proyek yang dirancang untuk membantu mengungkap faktor genetik dan lingkungan yang terkait dengan kondisi tertentu.

Semua peserta berusia 40 hingga 69 tahun ketika mendaftar untuk proyek ini, dengan 384.818 mengatakan bahwa mereka adalah peminum kopi pada awalnya dibandingkan dengan 109.767 yang tidak mengonsumsi kopi.

Kemudian, tim studi mengamati kesehatan hati para peserta selama periode rata-rata hampir 11 tahun dan menemukan 3.600 kasus penyakit hati kronis dengan 301 kematian, serta 1.839 kasus penyakit hati berlemak sederhana.

Mereka pun melibatkan faktor-faktor seperti indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, dan status merokok.

Hasilnya, orang-orang yang minum kopi dalam jumlah berapa pun dan jenis apa pun memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit hati kronis atau penyakit hati berlemak. 

Baca juga: Kenali, Makanan dan Minuman yang Berdampak Buruk pada Hati

Peminum kopi juga memiliki risiko sebanyak 49 persen lebih rendah meninggal akibat penyakit hati kronis.

Tim studi mengatakan bahwa besarnya efek ini bisa disebabkan karena jumlah kopi yang dikonsumsi yakni sekitar tiga sampai empat cangkir sehari.

Meski demikian, penelitian ini masih memiliki keterbatasan, termasuk tidak dapat membuktikan bahwa kopi itu sendiri dapat mengurangi risiko penyakit hati kronis. Sementara, peserta hanya ditanyai tentang kebiasaan minum kopi mereka pada satu waktu.

"Setidaknya, minum kopi secara efektif dapat mencegah penyakit hati yang parah, khususnya pada mereka yang berisiko tinggi," ujar Roderick.

Di samping itu, Vanessa Hebditch dari British Liver Trust mengatakan bahwa penelitian itu menambah semakin banyak bukti bahwa kopi baik untuk kesehatan hati.

Baca juga: 7 Tanda Kebanyakan Minum Kopi, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com