Kompas.com - 23/06/2021, 10:55 WIB
Terlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala. PEXELS/BURSTTerlalu banyak minum kopi dapat memunculkan sejumlah gejala.

KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari karena memiliki banyak manfaat, seperti dapat memberikan energi untuk beraktivitas atau menghindari kita dari rasa kantuk.

Selain itu, sebuah studi baru juga mengungkapkan bahwa minum kopi dapat membantu mencegah kanker hati dan mengurangi risiko penyakit hati kronis lainnya.

Diketahui, penyakit hati kronis telah menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Menurut British Liver Trust, penyakit hati adalah penyebab utama ketiga kematian dini di Inggris, dengan kematian meningkat 400 persen sejak 1970.

"Penelitian ini ingin menegaskan pada pencinta kopi di Inggris bahwa minum kopi dapat melindungi mereka terhadap penyakit hati yang parah," kata Paul Roderick, rekan penulis studi dari University of Southampton.

Baca juga: 5 Tahapan Penyakit Hati dan Gejalanya

Dalam jurnal BMC Public Health, Roderick dan rekannya juga melaporkan bagaimana mereka menganalisis data dari 494.585 peserta di UK Biobank, sebuah proyek yang dirancang untuk membantu mengungkap faktor genetik dan lingkungan yang terkait dengan kondisi tertentu.

Semua peserta berusia 40 hingga 69 tahun ketika mendaftar untuk proyek ini, dengan 384.818 mengatakan bahwa mereka adalah peminum kopi pada awalnya dibandingkan dengan 109.767 yang tidak mengonsumsi kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, tim studi mengamati kesehatan hati para peserta selama periode rata-rata hampir 11 tahun dan menemukan 3.600 kasus penyakit hati kronis dengan 301 kematian, serta 1.839 kasus penyakit hati berlemak sederhana.

Mereka pun melibatkan faktor-faktor seperti indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, dan status merokok.

Hasilnya, orang-orang yang minum kopi dalam jumlah berapa pun dan jenis apa pun memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit hati kronis atau penyakit hati berlemak. 

Baca juga: Kenali, Makanan dan Minuman yang Berdampak Buruk pada Hati

Peminum kopi juga memiliki risiko sebanyak 49 persen lebih rendah meninggal akibat penyakit hati kronis.

Halaman:


Sumber Guardian
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.