Kompas.com - 23/06/2021, 21:00 WIB
. Unsplash/Gaelle Marcel.

KOMPAS.com - Menyeruput secangkir kopi di pagi hari dipercaya mampu membangkitkan semangat bagi kebanyakan orang.

Berbagai penelitian pun menyingkap manfaat kopi bagi kesehatan, dan bahkan menurunkan risiko penyakit tertentu.

Sebuah riset terbaru mengungkap, mengonsumsi kopi jenis apa pun --dengan atau tanpa kafein-- sebanyak 3-4 cangkir per hari dapat mengurangi risiko penyakit hati kronis.

Disebutkan, orang yang meminum kopi memiliki kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengembangkan penyakit liver kronis.

Tak hanya itu, mereka juga 20 persen lebih kecil terjangkit penyakit hati berlemak (penumpukan lemak berlebih pada organ hati).

Baca juga: Studi Baru Buktikan Manfaat Teh Hijau Obati Lemak Hati pada Obesitas

Individu yang mengonsumsi kopi juga memiliki kemungkinan 49 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit hati kronis, ketimbang individu yang tidak meminum kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesimpulan tersebut terungkap dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal BMC Public Health.

"Kopi bisa dijangkau dengan mudah, dan manfaat yang kami lihat dari studi kami dapat menawarkan pengobatan potensial untuk penyakit hati kronis."

Demikian penjelasan Dr Oliver Kennedy, penulis riset yang berpraktik di Fakultas Kedokteran di University of Southampton, Inggris.

"Temuan ini sangat berharga di negara-negara dengan pendapatan yang lebih rendah dan akses kesehatan yang kurang memadai."

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X