Kompas.com - 24/06/2021, 08:31 WIB
Porsche 917 K 1970 RM Sotheby’sPorsche 917 K 1970

KOMPAS.com - Penggemar film era 70-an mungkin masih mengingat film berjudul "Le Mans" yang dibintangi oleh aktor Steve McQueen.

Nah, mobil ikonik Porsche 917K yang digunakan McQueen di film tersebut akan dilepas oleh perusahaan lelang mobil klasik RM Sotheby's.

Sebelum memasuki layar lebar, mobil balap antik ini diterjunkan ke lintasan balap seusai diproduksi oleh Porsche.

Baca juga: Triumph Edisi Steve McQueen, Cuma 1.000 Unit

Porsche 917 KRM Sotheby’s Porsche 917 K
Adalah dua pembalap dari JW Automotive Gulf Racing, Mike Hailwood dan David Hobbs, yang sempat menjajal 917K di sebuah ajang balapan.

Dari situ, Porsche mendesain ulang 917K, dan akhirnya dipakai oleh McQueen di film "Le Mans".

Sekadar informasi, film garapan tahun 1971 tersebut diambil dari kejadian sebenarnya, yaitu ajang balapan Le Mans pada 1970.

Porsche 917 K 1970RM Sotheby’s Porsche 917 K 1970
Sekitar 40 tahun setelah peluncuran film, atau tepatnya di tahun 2012, seseorang membeli mobil bekas sang aktor.

Pembeli tersebut mengembalikan kondisi mobil sesuai aslinya, dan dicat dengan corak biru muda serta logo Gulf di beberapa bagian mobil.

Baca juga: TAG Heuer Monaco Milik Steve McQueen Siap Dilelang

Proses restorasi Porsche 917K ditangani oleh racing car restorer Paul Lanzant, yang memiliki akses untuk memeroleh komponen NOS orisinal.

Mobil balap yang menjadi bagian dari sejarah otomotif dunia ini rencananya dilelang di RM Sotheby's pada 13-14 Agustus di Monterey, California, Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.