Kompas.com - 24/06/2021, 15:11 WIB
Beberapa sikat gigi yang disimpan berdekatan dapat menyebarkan bakteri satu sama lain, terutama jika tidak diganti secara rutin UNSPLASH/HENRIK LAGERCRANTZBeberapa sikat gigi yang disimpan berdekatan dapat menyebarkan bakteri satu sama lain, terutama jika tidak diganti secara rutin

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang mungkin tak terbiasa mengganti sikat gigi secara rutin. Beberapa di antaranya hanya mengganti sikat gigi jika bulu sikatnya sudah tampak rusak dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Padahal, sikat gigi perlu diganti secara rutin. Kedengarannya memang sepele, padahal kebiasaan buruk ini dapat berdampak buruk terhadap rongga mulut kita.

Menurut dokter gigi yang berbasis di New York City, Inna Chern, DDS kepada Well and Good, sikat gigi sebaiknya diganti setiap 3-4 bulan sekali untuk menghindari kerusakan bulu sikat, kerusakan email, hingga pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Berikut sejumlah dampak yang terjadi jika jarang mengganti sikat gigi:

1. Menularkan penyakit

Melansir Bustle, jarang mengganti sikat gigi dapat membuat seseorang sakit.

Kemungkinan kita terserang penyakit, seperti pilek atau flu, dari sikat gigi kita sendiri memang kecil. Namun, jika sikat gigi mengumpulkan banyak bakteri, virus lainnya dapat berkembang.

Flu, staph, strep, e-coli, dan jamur bisa berkembang di sikat gigi yang jarang diganti. Ini juga bisa saja menular ke anggota keluarga yang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, jika terbiasa menyimpan sikat gigi di tempat yang sama dengan anggota keluarga lain, sikat gigi kita juga berpotensi menangkap virus dan bakteri dari sikat gigi mereka.

Baca juga: 7 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Cara Menggunakannya

2. Bau mulut

Sikat gigi dapat menjadi alat yang paling efektif untuk melawan kerusakan gigi dan penyakit gusi, tetapi sikat gigi paling bagus dan mahal sekalipun pada akhirnya tetap perlu diganti.

Melansir laman Oregon City Dentistry, sikat gigi yang sering digunakan akan mulai menunjukkan keausan ketika bulu sikatnya mulai rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X