BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan XL

Ini 5 Cara Baru agar Kumpul Keluarga Virtual Makin Seru

Kompas.com - 24/06/2021, 15:55 WIB
Ilustrasi kumpul keluarga secara virtual. Dok. Shutterstock/ Tirachard KumtanomIlustrasi kumpul keluarga secara virtual.

KOMPAS.com – Salah satu momen yang selalu dirindukan selama pandemi Covid-19 adalah berkumpul bersama keluarga besar. Demi mencegah penularan virus corona, protokol untuk menjaga jarak dan menjauhi kerumunan diterapkan.

Dengan begitu, frekuensi aktivitas yang melibatkan banyak orang, termasuk kumpul-kumpul keluarga menjadi terbatas. Pasalnya, potensi penularan Covid-19 dalam acara tersebut sangat tinggi.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (25/5/2021), Kepala Pusat Kesehatan TNI Mayor Jenderal Tugas Ratmono mengatakan, jumlah pasien positif yang dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran mengalami kenaikan sekitar 6 persen dalam seminggu pasca-Lebaran.

“Klaster terbanyak adalah klaster keluarga sehingga (masyarakat) ini betul-betul harus meningkatkan kewaspadaan (untuk) pencegahan (penularan) kita semua,” ujar Tugas.

Baca juga: Catat, Ini Ide Aktivitas Seru di Rumah untuk Anggota Keluarga Saat Libur

Peningkatan kasus tersebut mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada.

Meski banyak batasan, bukan berarti Anda tidak dapat berkumpul keluarga sama sekali. Anda masih bisa berkumpul dengan cara yang baru, yaitu secara virtual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi yang tidak biasa, kumpul keluarga atau arisan secara virtual memang tidak seseru kumpul secara langsung. Meski demikian, penyelenggaraan kumpul-kumpul seperti ini adalah yang paling aman. Lagi pula, Anda masih bisa menyiasatinya agar acara kumpul virtual tetap menyenangkan. Berikut caranya.

1. Pilih waktu yang tepat

Anda bisa menentukan satu hari di akhir pekan untuk melakukan kumpul keluarga secara virtual. Pasalnya, pada Sabtu atau Minggu, kebanyakan orang tidak sibuk dengan pekerjaan atau mendapatkan libur kerja sehingga suasana kumpul-kumpul virtual menjadi lebih santai.

Sebaiknya, adakan kumpul keluarga virtual pada pukul 10.00-11.00. Sebab, pada jam tersebut biasanya orang-orang sudah selesai dengan kesibukan pagi, seperti berolahraga, sarapan, dan mengurus anak.

Baca juga: Setahun Aktivitas di Rumah, Psikolog Nilai Ada 3 Hal yang Berubah

Sebagai catatan, jangan adakan pertemuan virtual terlalu lama. Satu hingga dua jam sudah cukup untuk acara yang diselenggarakan secara virtual. Berbeda dengan kumpul secara langsung, kumpul secara virtual tidak dapat dilakukan dalam durasi yang lama. Pasalnya, selain bosan, menatap layar ponsel atau gawai terlalu lama terasa melelahkan.

2. Buat susunan acara

Jika dilakukan secara langsung, mungkin Anda tidak akan memikirkan susunan acara kumpul keluarga. Pasalnya, saat tamu datang, mereka akan dipersilakan duduk, bertemu dengan keluarga lain, mengobrol, dan makan.

Nah, kumpul secara virtual memang sedikit berbeda. Anda harus memikirkan siapa saja yang punya giliran berbicara terlebih dahulu karena platform pertemuan virtual biasanya tidak memungkinkan lebih dari satu orang berbicara bersamaan.

Biasanya, acara dimulai dengan tuan rumah atau pembawa acara membuka pertemuan. Selanjutnya, berikan kesempatan keluarga yang lebih tua untuk berbicara menyapa saudara yang lain. Lalu, dilanjutkan keluarga yang lebih muda.

Baca juga: Libur Telah Tiba, Ini 6 Pilihan Aktivitas di Rumah Bersama Anak

Setelah pembukaan selesai, Anda bisa langsung ke acara inti, seperti tiup lilin untuk acara ulang tahun atau pengocokan nama dalam arisan keluarga. Untuk penutupannya, Anda bisa memberikan sejumlah informasi yang penting untuk acara selanjutnya dan berfoto bersama.

3. Gunakan dresscode

Supaya lebih serasi saat foto virtual bersama, Anda bisa menentukan dresscode untuk acara kumpul keluarga. Pilih warna atau tema pakaian yang sama untuk mendapatkan foto yang cocok dibagikan di media sosial.

Selain itu, dengan adanya dresscode, secara otomatis Anda akan berdandan agar terlihat lebih rapi. Hal tersebut akan menimbulkan perasaan yang lebih ceria meskipun hanya berkumpul via virtual.

Lebih seru lagi jika ada pemilihan dresscode terbaik. Untuk hadiahnya, Anda bisa memberikan saldo e-wallet atau voucher belanja virtual. Dengan pemilihan ini, semua anggota keluarga besar bisa dipastikan langsung berdandan maksimal.

4. Makan bersama virtual

Meski terkesan tidak mungkin, nyatanya Anda bisa menyiasati makan bersama saat kumpul keluarga virtual, lho.

Melansir ide dari verywellfamily.com, setiap orang atau keluarga dapat memberikan resep untuk satu hidangan favorit seluruh keluarga. Ada rasa kebersamaan saat semuanya makan hidangan yang sama di waktu bersamaan.

Jika dirasa tidak mungkin untuk memasak sendiri, Anda bisa memesankan makanan via aplikasi pesan antar. Kecanggihan teknologi memungkinkan Anda untuk memesankan makanan bagi keluarga yang tinggal di luar kota.

5. Jangan lupa hiburan

Supaya acara kumpul keluarga lebih ramai, Anda bisa menyiapkan games. Eits.. jangan pesimistis dulu. Anda tetap bisa memainkan game bersama anggota keluarga besar meski secara virtual.

Baca juga: Mengakali Kebiasaan Duduk Saat Meeting Virtual

Pictionary, misalnya, bisa menjadi game yang Anda mainkan bersama keluarga. Anda dapat menggunakan platform meeting virtual Zoom, tekan tombol Share Screen, dan temukan opsi Whiteboard. Lalu, gambarlah obyek yang ingin ditebak.

Nah, itulah lima tips bagi Anda yang mau menyelenggarakan acara kumpul keluarga virtual di masa pandemi. Karena diselenggarakan secara daring, pastikan mempersiapkannya dengan matang, termasuk urusan koneksi internet.

Jangan sampai koneksi terputus di tengah keseruan acara virtual supaya seluruh anggota keluarga tetap dapat merasakan momen kumpul secara optimal.

Untuk menghindari hal itu, pilih provider yang tepat. Untuk mendapatkan internet supermulus, XL Satu Fiber bisa Anda andalkan. Pasalnya, XL Satu Fiber memastikan koneksi internet yang stabil untuk keluarga, baik di luar maupun di dalam rumah.

Baca juga: Tak Perlu ke Bali, Berikut Lima Alternatif Lokasi Bekerja Jarak Jauh yang Nyaman

Dengan teknologi fiber optic, XL Satu Fiber memberikan fasilitas internet rumah cepat tanpa batas dengan kecepatan hingga 1 Gbps. Anda juga akan mendapatkan tambahan Kuota Bersama XL Prabayar hingga 300 GB dan bisa dibagi hingga lima anggota keluarga.

XL Satu Fiber juga menawarkan hiburan kekinian di rumah, seperti Netflix, Vidio, Catchplay Plus, AirConsole, dan Youtube. Kelima aplikasi tersebut dapat dinikmati seluruh keluarga dari televisi di rumah.

Anda dapat memanfaatkan semua layanan tersebut dengan biaya mulai dari Rp 274.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan dan sewa perangkat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai XL Satu Fiber, silakan klik tautan berikut


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.