Kompas.com - 26/06/2021, 09:05 WIB
Ilustrasi remaja putri bersama ibunya. Dok. iStockphotoIlustrasi remaja putri bersama ibunya.

KOMPAS.com – Setiap orang pasti akan mengalami masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa peralihan ini disebut sebagai masa pubertas.

Tidak hanya ditandai dengan perubahan fisik seseorang yang terbilang cepat, pada anak perempuan, masa pubertas juga ditandai dengan mengalami menstruasi pertama atau menarche.

Adapun menstruasi merupakan bagian dari siklus yang dialami uterus secara periodik. Menstruasi biasanya terjadi sekitar 14 hari setelah ovulasi. Proses ini ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (26/8/2021), kebanyakan remaja putri mulai menstruasi ketika berusia sekitar 8-13 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika perempuan remaja mengalami menstruasi pertamanya lebih cepat ataupun lebih lambat dibanding teman sebayanya.

Baca juga: Perlukah Konsumsi Tablet Tambah Darah Saat Menstruasi?

Sayangnya, banyak orangtua yang masih merasa canggung membicarakan menstruasi kepada anak perempuannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, topik menstruasi tersebut penting untuk dibicarakan karena dapat menambah pengetahuan anak mengenai tubuhnya. 

Tidak hanya itu, membicarakan topik menstruasi kepada anak perempuan juga dapat mempersiapkan mental sang buah hati agar tidak kaget, takut, dan khawatir ketika mendapatkan menstruasi pertamanya.

Mereka pun akan lebih memahami mengenai berapa lama masa menstruasi dan hal yang harus dilakukan saat menstruasi.

Lalu, kapan waktu yang tepat bagi Anda, Generasi Bersih dan Sehat (Genbest), untuk mulai mengedukasi remaja putri mengenai menstruasi?  

Ada beberapa tanda remaja putri sudah memasuki fase pubertas dan akan mengalami menstruasi pertamanya. Saat tanda-tanda berikut ini mulai muncul, Anda bisa memulai diskusi tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.