Kompas.com - 26/06/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi ibu hamil dengan anak pertamanya. Dok. ShutterstockIlustrasi ibu hamil dengan anak pertamanya.

KOMPAS.com – Mengatur jarak antara anak pertama dan berikutnya perlu dilakukan orangtua. Sebab, jarak kehamilan yang dekat dapat memberikan risiko baik bagi orangtua ataupun si kecil.

Jarak lahir yang dekat akan mengganggu tumbuh kembang anak. Pasalnya, orangtua belum tuntas memberikan perhatian sang kakak, sedangkan adik juga harus dipenuhi kebutuhannya.

Maka dari itu, GenBest dan pasangan sebaiknya menghitung jarak kelahiran antara kakak dan adik supaya keduanya bisa mendapatkan tumbuh kembang yang optimal.

Baca juga : Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui Saat Hamil Lagi

Beberapa ahli menyarankan para ibu memberi jeda minimal 18-24 bulan sebelum mencoba kehamilan berikutnya. Mengatur jarak kehamilan juga memberikan manfaat bagi orangtua dan anak. Berikut lima manfaatnya.

1. Anak mendapatkan nutrisi yang optimal

Seperti yang diketahui bahwa periode emas perumbuhan anak dimulai sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Dalam periode ini, anak membutuhkan nutrisi yang lengkap.

Orangtua pun wajib memenuhi nutrisi tersebut. Pasalnya, jika si kecil tidak mendapatkan nutrisi yang tepat akan besar risikonya terserang berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu nutrisi yang harus didapatkan anak adalah ASI. Dengan memberikan ASI selama 2 tahun, tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal dan terhindar dari kemungkinan stunting.

Setelah lulus ASI 2 tahun, GenBest pun dapat mempersiapkan kehamilan dan nutrisi bagi calon anak selanjutnya.

2. Anak mendapatkan bonding dengan orangtua

Selain nutrisi, anak juga membutuhankan perhatian dan dukungan emosional dari orangtua. Jika usia kakak dengan adik terlalu dekat, orangtua akan sulit membagi perhatian.

Tidak dapat dimungkiri, orangtua akan lebih memperhatikan anak yang lebih kecil. Sebab, anak sulung atau kakak dianggap sudah lebih besar dan dapat melakukan aktivitas sendiri.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.