Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Studi, Kopi Bisa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Liver

Kompas.com - 26/06/2021, 15:53 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber DMarge

KOMPAS.com - Kopi merupakan minuman populer yang digemari banyak orang dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan, selain membantu kita lebih bersemangat.

Ada banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat berdampak baik untuk tubuh, seperti:

  • Mengurangi risiko terkena multiple sclerosis dan penyumbatan arteri koroner.
  • Menawarkan perlindungan terhadap diabetes tipe 2.
  • Mencegah penyakit parkinson dan alzheimer.
  • Tidak hanya dapat bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit tetapi bahkan dapat meningkatkan efek obat penghilang rasa sakit lainnya.

Menariknya, manfaat kopi tidak hanya itu. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh University of Southampton menemukan bahwa minum tiga atau empat cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko kita terkena dan meninggal akibat penyakit liver kronis.

Studi ini menunjukkan bahwa peminum kopi 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit liver kronis, dan 20 persen lebih kecil kemungkinannya  mengembangkan fatty liver.

Mereka juga 49 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat penyakit liver kronis dibandingkan bukan peminum kopi.

Baik kopi bubuk maupun kopi tanpa kafein ternyata memberikan manfaat, begitu juga kopi instan.

Baca juga: Selain Kaya Antioksidan, Ini 7 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

“Kopi dapat diakses secara luas, dan dari penelitian minuman ini menawarkan manfaat potensial untuk mencegah penyakit liver kronis,” kata Dr. Oliver Kennedy, penulis studi tersebut.

“Fakta ini akan sangat berharga di negara-negara dengan akses perawatan kesehatan rendah di mana penyakit liver kronis paling tinggi.”

Tentu saja, tidak semua kopi sama dan manfaat yang didapat pun tergantung pada cara kita meminum kopi.

Menikmati kopi hitam sebanyak 3 atau 4 cangkir sehari mungkin bermanfaat bagi kita, tetapi meminum kopi dengan banyak gula atau krim justru dapat merugikan kesehatan.

Penelitian ini memberikan lebih banyak bukti bahwa jika kopi cocok untuk kita dan kita meminumnya dalam jumlah yang wajar, maka manfaat pun akan diperoleh.

Baca juga: Benarkah Minum Kopi Mengurangi Risiko Penyakit Hati Kronis?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com