Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Mulai Bikin Blok Berbahan Plastik Daur Ulang

Kompas.com - 26/06/2021, 21:14 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Di pertengahan September 2020, perusahaan mainan blok Lego berjanji untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada 19 September 2020, perusahaan itu menyebutkan akan mengganti seluruh blok Lego berbahan plastik dengan bahan yang berkelanjutan pada 2030 mendatang.

Janji lain dari Lego adalah mengupayakan kemasan berkelanjutan pada akhir tahun 2025, dan semua operasi manufaktur bebas karbon di akhir tahun 2022.

Nah, janji itu coba dibuktikan oleh Lego dengan meluncurkan purwarupa blok yang terbuat dari plastik daur ulang.

Purwarupa blok Lego ini menggunakan bahan plastik polyethylene terephthalate (PET), yang diambil dari bahan daur ulang botol bekas.

Baca juga: Lihat Baik-Baik, Ini Sepatu Adidas Superstar atau Mainan Lego?

Blok Lego Dari Plastik Daur Ulang Blok Lego Dari Plastik Daur Ulang
Proses pengembangan blok berkelanjutan memakan waktu tiga tahun. Pasalnya, para ahli dan insinyur menguji lebih dari 250 varian bahan PET dan formula plastik lainnya untuk menguji kualitas dan standar keamanan blok tersebut.

Lego membutuhkan lebih banyak waktu dan pengembangan sebelum akhirnya purwarupa blok ini bisa diproduksi massal di masa mendatang.

Tahap pengujian berikutnya diperkirakan memakan waktu setidaknya satu tahun.

"Kami sangat gembira dengan terobosan ini," ungkap Tim Brooks, Vice President of Environmental Responsibility di Lego Group.

"Tantangan terbesar dalam upaya berkelanjutan kami adalah merancang kembali dan berinovasi dengan bahan baru yang tahan lama, kuat dan berkualitas tinggi seperti blok kami."

"Dengan purwarupa ini, kami dapat menunjukkan kemajuan proses kami," tambah dia.

Sebelumnya, di tahun 2018 perusahaan itu mulai membuat elemen seperti pohon, cabang, dan figur dari bahan bio-polyethylene yang terbuat dari tebu.

Baca juga: Lego Super Mario dan Luigi Ini Bisa Dimainkan Beneran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com